alexametrics

Mulai Agustus, Warga Bisa Tempati Rumah DP 0 Rupiah

27 Maret 2019, 06:20:58 WIB

JawaPos.com – Rumah DP 0 Rupiah di Klapa Village, Jakarta Timur masih dalam pembangunan. Ditargetkan pada Agustus mendatang pembangunan rampung dan bisa diserahterimakan kepada warga yang telah mendaftar.

Kepala UPT Fasilitas Pemilik Rumah Sejahtera DKI Jakarta Dzikran Kurniawan mengatakan, meski masih dalam tahap pembangunan warga sudah mendaftar untuk bisa mendapatkan rumah dengan DP 0 Rupiah tersebut. Total ada 2.481 warga yang telah mendaftar.

“Sekarang masih dalam tahap pembangunan, rencananya Juli atau Agustus sudah diserahterimakan ke masyarakat,” kata Dzikran, Selasa (26/3).

Dzikran menambahkan pihaknya hanya membangun 780 unit di Klapa Village. Sehingga warga yang mendaftar harus dilakukan verifikasi terlebih dahulu.

“Di Klapa Village kami membangun 780 unit. Tapi rencananya nanti akan dibangun di lokasi lainnya juga. Ada beberapa lokasi lagi akan mulai tahun ini,” ucapnya.

Menurutnya warga yang bisa menempati rumah DP 0 Rupiah, yang memenuhi persyaratan. Pihaknya menggandeng Bank DKI untuk melakukan seleksi dan valodasi data pemohon.

Dzikran memastikan bahwa rumah DP 0 Rupiah bukan diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Hanya saja, pembeli harus memiliki penghasilan tetap sekitar Rp 4-7 juta per bulan.

Artinya, seleksi calon penghuni rumah DP 0 Rupiah tidak hanya mempertimbangkan keadaan ekonomi, tetapi juga latar belakang sosial, serta kemampuan warga membayar angsuran.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Wildan Ibnu Walid

Copy Editor :

Mulai Agustus, Warga Bisa Tempati Rumah DP 0 Rupiah