alexametrics

Dibatalkan PT TUN Paslon Wali Kota Makassar Absen Kampanye

27 Maret 2018, 19:43:42 WIB

JawaPos.com – Sejak keluarnya putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Makassar terkait Pemilihan Wali Kota Makassar, pasangan calon Mochammad Ramdan Pomanto-Indira Mulyasari (DIAmi) bak mati kutu, tak bisa berkutik.

Pasalnya dalam putusannya, PT TUN meminta kepada KPU Makassar agar mendiskualifikasi pasangan DIAmi sebagai calon wali kota dan wakil wali kota.

Sebagai petahana, Ramdhan Pomanto tak menampik jika nyaris sepekan tepatnya sejak Kamis (22/3) lalu, dirinya absen dalam berbagai aktifitas politik dalam proses Pemilihan Wali Kota Makassar.

Pemilihan Wali Kota Makassar
Asyik berinteraksi dengan warga (Tim Humas Paslon DIAmi)

“Jadi sementara yang jalan adalah calon wakil Wali Kota, Indira dan masih banyak tim yang lain yang bekerja untuk mendulang suara,” terang Danny sapaan akrab paslon nomor urut 2 ini, di Makassar, Selasa (27/3).

Danny mengaku, beberapa waktu lalu sibuk di Jakarta untuk melakukan berbagai kegiatan lain di luar aktifitas politik.

“Iye, kemarin dulu itu, saya menerima penghargaan dari Singapura, itu namanya Open Goverment Award. Dan ini nanti, saya dapat penghargaan kepala daerah terbaik dari salah satu media juga di Jakarta,” terang Danny.

Terpisah, Ketua KPU Makassar, Syarief Amir menegaskan, jika pasangan nomor urut 2, Danny-Indira, yang maju lewat jalur parpol tersebut masih bisa melakukan sosialisasi dan kampanye meski ada pembatalan dari PT-TUN.

“Sampai ada keputusan yang berkekuatan tetap, Danny masih bisa kampanye. Tidak ada larangan sama sekali. Jadi kita tunggu hasil putusan dari MA, kita kan sudah masukkan memori kasasi,” tegas Syarief.

Sebelumnya, KPU Kota Makassar, resmi mengajukan memori kasasi ke Mahkamah Agung (MA). Upaya hukum tersebut lakukan KPU menyusul, dikabulkannya guguatan pemohon oleh PT-TUN terkait sengketa Pilkada paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar.

PT-TUN mengabulkan gugatan pemohon, paslon nomor urut 1 Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) terhadap termohon KPU untuk membatalkan paslon nomor urut 2 Mohammad Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari (DIAmi) sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2018.

Diketahui, pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2018 ini, hanya diikuti dua pasangan calon. Pasangan nomor urut 1 Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi yang diusung koalisi 10 partai politik, yaitu Golkar, NasDem, PDIP, Gerindra, PPP, Hanura, PKS, PAN, PKB dan PKPI. Serta pasangan Moh Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari yang maju lewat jalur perseoorangan.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (rul/JPC)


Close Ads
Dibatalkan PT TUN Paslon Wali Kota Makassar Absen Kampanye