alexametrics

Soal Kebiasaan Mencontek, Basaria: Cikal Bakal Perilaku Koruptif

27 Februari 2019, 23:15:17 WIB

JawaPos.com – Integritas diri harus ditanamkan sejak di bangku pendidikan. Sebab, tanpa disadari kebiasaan mencontek bisa menjadi candu buruk yang dapat menjadi cikal-bakal lahirnya perilaku koruptif ketika memasuki dunia kerja.

Wakil Ketua KPK Republik Indonesia, Basaria Panjaitan mengaku sering mengingatkan mahasiswa untuk tidak membiasakan diri mencontek ketika pelaksanaan ujian. Menurutnya, mencontek adalah salah satu perilaku koruptif yang dilakukan oleh siswa dan mahasiswa.

“Saya selalu ingatkan mahasiswa untuk tidak mencontek saat ujian. Ini perilaku koruptif,” kata Basaria Panjaitan ketika menjadi pembicara diskusi publik di Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Rabu, (27/2).

Menghindari mencontek lanjutnya, adalah bagian dari menjaga integritas diri. Jika sejak muda sudah melakukan perilaku koruptif, bukan tidak mungkin berdampak terhadap negara di masa mendatang.

“Memang mengubah sesuatu yang sudah membudaya tidak semudah yang dibayangkan. Tapi harus di upayakan,” pintanya.

Menurutnya, memperbaiki kebiasaan mencontek di tengah mahasiswa bukan sekadar tanggungjawab KPK. Namun juga diperlukan peran serta berkelanjutan dari para dosen dan guru.

“Dosen harus menjadi contoh tauladan bagi mahasiswa,” tutupnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Riki Chandra



Close Ads
Soal Kebiasaan Mencontek, Basaria: Cikal Bakal Perilaku Koruptif