alexametrics

Puluhan Kg Sabu dan Ribuan Ekstasi Gagal Edar, Dua Pelaku Ditembak

27 Februari 2019, 19:40:29 WIB

JawaPos.com – Polda Sumatera Utara (Sumut) kembali menggagalkan peredaran narkoba dalam jumlah besar. Pelaku diringkus dari tiga lokasi berbeda dalam serangkaian operasi.

Total barang bukti yang berhasil disita adalah 33. 5 kg sabu-sabu dan 13.500 ribu pil ekstasi. Tiga pelaku kini sudah ditahan di Mapolda Sumut.

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto menjelaskan, pengungkapan ini dilakukan pada Jumat (22/2). Anak buahnya mendapat informasi soal pengiriman narkoba.

Petugas lantas melakukan penyelidikan. Diketahui, mobil minibus yang dicurigai melintas di kawasan Matapao, Kabupaten Serdangbedagai. Mobil itu sesuai dengan informasi yang mereka dapat.

“Personel langsung memberhentikan mobil itu dan menangkap tersangka berinisal JI,” ungkapnya.

Saat diperiksa ternyata benar. JI membawa total 26,5 kg sabu-sabu. Barang haram itu dikemas ke dalam 15 bungkus plastik teh Tiongkok merek Qing Shan dan tujuh bungkus plastik kopi Malaysia merek Alicafe. Sisanya dikemas dalam lima bungkus plastik transparan.

Polisi juga menyita 13.500 butir pil ekstasi merek Kenzo yang dikemas ke dalam bungkus aluminium foil.

Kasus itu dikembangkan. Namun JI melawan dan mencoba melarikan diri. Kaki kaki kirinya ditembak.

Dari JI, terungkap informasi soal pengiriman narkoba lainnya di kawasan Tanjungbalai. Laki-laki itu diduga akan mengantarkan sabu-sabu ke Kota Medan, Minggu (24/2).

Polisi meringkus S tepat di pintu keluar tol Tanjungmorawa. Dari tangannya polisi menyita barang bukti, lima kemasan teh Guan Yin Wang yang berisi sabu-sabu lima kilogram.

“S melakukan perlawanan dan mencoba melarikan diri. Kita terpaksa memberikan tindakan tegas terukur dengan cara menembak kaki sebelah kanan,” tukasnya

Dari S polisi menemukan petunjuk baru. Ada pengiriman narkoba dari Kota Binjai ke Riau.

Pelaku berinisial VS berhasil ditangkap di kawasan Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Binjai Barat Kota. Dia menyimpan dua kilogram sabu-sabu 2 (dua) Kg ke dalam 1 (satu) bungkus plastik warna hitam.

“VS pun sudah kita boyong ke Mapolda Sumut. Kasus ini terus kita kembangkan,” pungkasnya.

Para tersangka melanggar Pasal 114 Ayat (2) dan atau Pasal 112 Ayat (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman Pidana dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup atau paling lama 20 tahun dan pidana denda paling banyak Rp 10 miliar.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Prayugo Utomo

Copy Editor :

Puluhan Kg Sabu dan Ribuan Ekstasi Gagal Edar, Dua Pelaku Ditembak