alexametrics

Produksi Iphone akan Dilakukan Menyeluruh di Batam

27 Februari 2019, 19:15:55 WIB

JawaPos.com – Rencana Pegatron Corporation, perusahaan perakit komponen smartphone Iphone merelokasi usahanya ke Batam masih terus berjalan. Dalam prosesnya, produk Apple ini rencananya akan memproduksi Iphone secara menyeluruh produknya di Batam.

Kabar baik itu, disampaikan Wali Kota Batam, HM Rudi, di Kecamatan Sungai Beduk, Batam, Rabu (27/2)‎. Rudi menjelaskan, Apple menyatakan akan memindahkan secara utuh usahanya ke Batam. “Tidak hanya perakitan, semua dipindahkan ke Batam,” kata Rudi.

‎Terkait rencana ini, Rudi mengatakan, akan membantu soal perijinan. Dia akan menjamin kelancaran perizinan dan memberikan garansi dan kemudahan masuknya perusahaan ini.

Dengan hadirnya perusahaan ini, diharapkan dapat menyerap karyawan dari Batam, sehingga dapat mendukung perekonomian Batam. “‎Sudah kita sampaikan kemarin, saya menjamin dengan kemudahan untuk perusahaan,” kata Rudi lagi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pegatron Corporation bekerja sama dengan PT Sat Nusapersada Batam untuk rencana pengoperasiannya di Batam. Pegatron akan membangun pabrik di kawasan Industri Batamindo, di Kecamatan Sungai Beduk Batam. ‎

Harapannya, Pegatron dapat meningkatkan investasinya di dalam negeri. Saat ini, target produksi untuk orientasi ekspor Pegatron bernilai 60 juta Dollar US dalam setahun. Target itu akan terus ditingkatkan dalam dua sampai tiga tahun kedepan.

Tidak hanya itu, Rudi juga mempersilakan perusahaan-perusahaan skala kecil untuk masuk ke Batam. Terlebih investasi kecil masuk Batam, dinilai lebih mudah masuk, karena tidak butuh ijin sampai ke pemerintah pusat.

“Saya tidak minta skala besar. Sedang dan kecil juga tidak apa. Kalau bisa 1.000 pengusaha kita tarik, sudah bisa 200 ribu tenaga kerja, kalau satu usaha 200 pekerja,” jelas Rudi lagi.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Bobi Bani

Copy Editor :

Produksi Iphone akan Dilakukan Menyeluruh di Batam