alexametrics

Jalani Sidang Perdana Suap Meikarta, Neneng Kenakan Batik Hitam

27 Februari 2019, 13:33:52 WIB

JawaPos.com – Mantan Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasing menjalani sidang perdana atas kasus penerimaan uang suap dari proyek Meikarta PT Lippo Cikarang di Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (27/2). Neneng jalani sidang bersama empat bawahannya yang merupakan pegawai di Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Empat terdakwa lainnya yang terseret kasus proyek Meikarta itu yakni, Kepala dinas PUPR Bekasi Jamaludin; Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Dewi Tisnawati; Kelapa Dinas Pemadam Kebakaran Bekasi Sahat Banjar Nahor; dan Kepala Bidang Tata Ruang PUPR Pemkab Bekasi Neneng Rahmi Nurlaeli.

Terlihat Neneng menjalani sidang mengenakan baju batik hitam, celana hitam, dan kerudung krem. Sementara Dewi mengenakan kerudung biru, sedangkan tiga terdakwa lainnya mengenakan stelan hitam putih.

Sebagaimana diketahui, lima terdakwa tersebut telah menerima uang dari pemberi suap dari Billy Sindoro, Fitradjaja Purnama, Henry Jasmen, dan Taryudi. Yang sebelumnya sudah menjalani sidang di PN Bandung dan dituntut penjara dua hingga lima tahun.

‎Jaksa KPK membacakan surat dakwaan kelima terdakwa disebutkan menerima suap senilai total Rp 16 miliar dan SGD 270 ribu.

“Neneng Hasanah Yasin menerima Rp 10,83 miliar dan SGD 90 ribu, serta Dewi Tisnawati menerima Rp 1 miliar. Sedangkan Jamaludin mendapat Rp 1,2 miliar, Sahat Banjarnahor senilai Rp 952 juta, Neneng Rahmi Nurlaili Rp 700 juta,” kata Jaksa KPK di PN Bandung, Rabu (27/2).

Disebutkan bahwa uang suap itu untuk mempermudah dan melancarkan surat izin pengelolaan dan pengolahan tanah (IPPT) seluas 83,4 hektare, IMB untuk 53 tower, pemasangan alat proteksi‎ pemadam kebakaran di 53 tower, dan 13 basement, siteplant dan block plant serta sarana teknis, SKKLH. Bahkan Sekda Jabar Iwa Karniwa pun disebut terlibat menerima senilai Rp 1 miliar.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Siti Fatonah


Close Ads
Jalani Sidang Perdana Suap Meikarta, Neneng Kenakan Batik Hitam