alexametrics

Honor Pemakaman Covid-19 Berujung Penetapan Tersangka

27 Januari 2022, 12:12:35 WIB

JawaPos.com – Kasus dugaan korupsi honor pemakaman Covid-19 yang sempat menghebohkan publik Jember pada akhir Agustus 2021 kini memasuki babak baru. Polres Jember telah menetapkan satu tersangka. Dia adalah Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Penta Satria.

”Untuk kasus honor pemakaman Covid-19, betul masih ada satu tersangka. Sekarang kami terus dalami untuk pengembangan lebih lanjut,” ujar Kasatreskrim Polres Jember AKP Komang Yogi Arya Wiguna Rabu (26/1).

Walau telah ditetapkan tersangka, untuk sementara polisi tidak menahan pejabat yang tercatat sebagai sekretaris dalam susunan petugas pemakaman Covid-19. Yang jelas, pemeriksaan perkara itu tetap berlangsung. Jadi, tidak tertutup kemungkinan muncul tersangka lain.

”Kami masih dalami. Ini sedang gelar perkara. Pasti kami informasikan lebih lanjut perkembangannya,” katanya.

Sementara itu, Jawa Pos Radar Jember mencoba menghubungi Penta Satria. Sayangnya, ketika dihubungi, ponselnya tidak aktif lagi.

Dari hasil pemeriksaan dan pengumpulan bukti, indikasi adanya pemotongan atau pungli terhadap petugas pemakaman Covid-19 memang ditemukan. Polisi mendalami keterlibatan pejabat lain yang ditengarai kecipratan honor relawan pemulasaraan atau pemakaman Covid-19.

Selain itu, polisi memeriksa 45 saksi. Beberapa saksi berasal dari unsur relawan dan petugas pemakaman yang honornya disunat Rp 100 ribu dari honor utuh Rp 1 juta.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : dwi/lin/c14/ris

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads