JawaPos Radar | Iklan Jitu

Konflik dengan Ular, Begini Tips Menghadapinya

27 Januari 2019, 17:13:58 WIB
Konflik dengan Ular, Begini Tips Menghadapinya
SATWA LIAR: Penangkapan ular jenis Piton di Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com – Beberapa waktu belakangan muncul sejumlah kasus hewan ternak atau warga yang terkena gigitan ular berbisa di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ). Populasi ular yang semakin mendekati pemukiman ditengarai menjadi penyebabnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Yayasan Studi Ular Indonesia atau Sioux, Aji Rachmat. "Si ular ini populasinya sudah mendekati ke pemukiman. Tadinya jauh dari pemukiman di sana dia nggak dapat makanan terus bergeser ke dekat pemukiman. Kemudian populasinya bertambah di dekat pemukiman yang membuat warga banyak kasus," katanya, saat dihubungi JawaPos.com, Minggu (27/1).

Tak hanya saat musim hujan saat ini saja kasus konflik antara ular dengan manusia di Gunungkidul. Namun sudah beberapa tahun terakhir, hanya saja tak terlalu banyak terekspos. "Sebetulnya nggak hanya musim ini, tapi beberapa tahun terakhir sudah ada. Normal saja, karena musim hujan saat ular mencari makan," katanya.

Ada 2 cara ini menghadapi ular ini. Yakni ketika berkegiatan di kebun atau pekarangan supaya memakai alas kaki yang bagus. "Gunakan alas kaki bagus, lakukan kegiatan pagi sampai sore. Jangan sampai masuk malam, karena ular mencari makan saat malam. Ada 2 kasus di Gunungkidul karena menginjak ular kemudian terkena gigitan," katanya.

Kemudian ketika sudah terkena gigitan bisa ular, ia memberikan saran medis agar setiap Puskesmas menyediakan serum anti bisa ular. Sebab serum itu saat ini hanya tersedia di rumah sakit besar saja.
"Kalau hanya di RSUD Wonosari nanti nggak terjangkau dan tidak tepat. Jadi instansi terkait harus menyediakan serum anti bisa ular sampai ke tingkat Puskesmas," ucapnya.

Konflik antara ular dengan manusia ini sebelumnya diketahui terjadi di Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong dan Desa Getas, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Ular-ular tersebut diketahui menggigit warga dan ada juga yang ternaknya diserang.

Setelah ada kejadian itu, warga setempat juga telah berhasil menangkap ularnya. Untuk kemudian diamankan di salah seorang masyarakat sekitar.

Editor           : Sari Hardiyanto
Reporter      : Ridho Hidayat

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up