alexametrics

Besok Dua Lajur Raya Gubeng Diuji Coba untuk Kendaraan Proyek

26 Desember 2018, 19:00:29 WIB

JawaPos.com- Pemkot Surabaya dan Polrestabes Surabaya akan melakukan uji coba kelaikan Jalan Raya Gubeng, besok Kamis (27/12). Rencananya, jalan itu akan coba dilintasi kendaraan-kendaraan proyek terlebih dahulu.

Dua dari empat lajur Jalan Raya Gubeng akan dicoba. Kedua lajur itu berada di sisi timur (depan gedung BNI dan Toko Elizabeth). Sedangkan untuk sisi barat masih ditutup karena masih dipakai untuk proses pemasangan steel sheet pile.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjelaskan, secara teori, kendaraan bermotor sebenarnya dapat melintasi badan jalan sisi barat. Hanya saja, dia masih belum yakin dengan kekuatan badan jalan.

jalan raya gubeng dibuka sinkhole surabaya
Perbaikan Jalan Raya Gubeng terus dikebut hingga Rabu siang (26/12). (Aryo Mahendro/ JawaPos.com)

Makanya pemkot tidak mau mengambil risiko. Hanya sisi timur jalan yang akan dicoba.

“Selain itu, kami juga akan mengerjakan area pedestrian setelah SSP terpasang. Nah, kami butuh tempat untuk mobilisasi dan lalu lintas peralatan,” jelas Risma di lokasi, Rabu (26/12).

Jika uji coba jalan itu berjalan lancar, secepatnya masyarakat bisa mulai mengakses Jalan Raya Gubeng sisi timur. Tidak ada batasan tonase apabila uji coba sukses.

“Tapi tetap saya minta dua lajur saja (yang dibuka). Supaya kami dapat mengerjakan pedestrian dan pemasangan SSP. Pukul 22.00 WIB nanti mungkin kelar,” tambah alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu.

Sementara itu, Kapolrestabes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan mengatakan, hanya kendaraan proyek saja yang boleh melintas di Jalan Raya Gubeng pada uji coba tersebut. Kalau sudah ok, baru jalan akan dibuka untuk umum.

“Kalau uji coba ya jangan untuk umum, buat kendaraan proyek saja. Kami coba satu-satu. Jika memang sudah nyambung, kami akan buka lagi,” kata Rudi.

Rudi menambahkan, pihaknya akan teteap mengatur lalu lintas di sekitar Raya Gubeng apabila sudah dibuka untuk umum. “Kalau lalu lintas padat, ya pasti. Karena biasanya kan empat lajur, sekarang jadi 2 lajur. Nanti kami atur terkait arus lalu lintasnya,” tambah alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1993 tersebut.

Editor : Dida Tenola

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Besok Dua Lajur Raya Gubeng Diuji Coba untuk Kendaraan Proyek