alexametrics

Semen Indonesia Bangun Jalan Paving dan Sumur Bor di Jember

26 November 2020, 22:27:00 WIB

JawaPos.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) kembali menggelontorkan bantuan kepada masyarakat lewat program Corporate Social Responsibility (CSR). Bantuan yang diberikan kali ini berupa pembangunan jalan paving dan sumur bor di tiga desa di Kabupaten Jember.

General Manager of Corporate Social Responsibility (CSR) Semen Indonesia Edy Saraya mengatakan, pembangunan paving dan sumur bor itu diberikan berdasar pengajuan dari masyarakat setempat.

Edy merinci, bantuan pembangunan paving diberikan di Desa Pedarungan sebesar Rp 310.000.000 dan Dusun Curah Bamban senilai Rp 295.000.000. Kedua desa itu berada di Kecamatan Tanggul. Di kawasan itu kondisi jalannya sudah sangat memprihatinkan.

Penyerahan bantuan pembangunan jalan paving di Kabupaten Jember. (Semen Indonesia for JawaPos.com)

“Pembangunan paving bisa mempermudah transportasi masyarakat sekitar untuk menuju jalan utama dengan lebih cepat. Dengan demikian, pengiriman hasil pertanian antar wilayah juga lebih mudah,” ujar Edy.

Dengan demikian, kata Edy, peningkatan pendapatan masyarakat desa dan kegiatan perekonomian setempat pun akan jauh lebih baik.

“Dari manfaat sosial budaya, interaksi antar warga juga akan lebih lancar. Minat belajar anak-anak juga bisa bertumbuh dengan sarana dan prasarana yang menunjang.

Sementara itu, pembangunan sumur bor dilakukan di Desa Karangsono, Kecamatan Balangsari. Adapun pembangunan sumur bor senilai Rp 287.700.000.

Penyerahan bantuan pembangunan sumur bor di Kabupaten Jember. (Semen Indonesia for JawaPos.com)

“Tujuannya tentu untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan air bersih, khususnya mereka yang tinggal di dataran tinggi atau perbukitan. Pembangunan sumur bor sendiri memang perlu biaya sangat mahal dan akan sangat berat jika dibebankan kepada warga desa,” ujar Edy lagi.

Dia mengungkapkan, penyaluran dana itu didukung pemerintah paerah (pemda) dengan melibatkan masyarakat dalam pelaksanaan kegiatannya. Dijelaskan, kegiatan tersebut merupakan program padat karya tunai yang menjadi bagian aspek pengendalian ekonomi Covid-19.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : ARM


Close Ads