alexametrics

Ditanya Kemungkinan Usung Gibran, PKS Emoh Berandai-andai

26 November 2019, 11:42:44 WIB

JawaPos.com – Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka mulai menjajaki dunia politik. Gibran mendaftar ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk ikut berkontestasi di Pilkada Kota Solo sebagai Wali Kota.

Mengenai kemungkinan turut mengusung Gibran, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman meminta publik tak berandai-andai. “Jangan berandai-andai, kita tunggu aja. Politik tidak boleh berandai-andai‎,” ungkapnya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (26/11).

Sohibul mengatakan, DPC Solo akan menyerahkan dua nama calon yang bakal diusung di Pilkada Solo. Kedua nama yang diajukan tersebut telebih dahulu akan diputuskan oleh DPP.

“Dari bawah itu ada syarat, mengusulkan ke DPP itu minimal dua kandidat. Nah, nanti DPP yang akan memilih di antara dua itu. Kan belum tentu siapanya‎,” ujar Sohibul

Sohibul berujar sampai saatnya belum menerima rekomendasi dari DPC Solo tentang siapa yang bakal diusung di Pilkada Solo. Namun, ia menegaskan PKS siap berkoalisi dengan siapapun di Pilkada serentak nanti.

‎”Karena kami memberi jaminan, silakan, mau berkoalisi dengan partai apapun, mau menokohkan siapapun, sesuai dengan suasana batin di sana (Solo),” katanya.

Sebelumnya, Gibran menyatakan kesediaan maju sebagai calon Wali Kota Solo dalam Pilkada Serentak 2020. Bahkan Gibran mendaftar masuk menjadi kader PDIP dan sowan ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan nasib pencalonan Gibran ada di tangan Megawati. Ia menjelaskan PDIP punya mekanisme penjaringan dalam pencalonan kepala daerah yang dimulai dari survei kandidat hingga pemetaan politik.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono


Close Ads