alexametrics

Wakil Rakyat Minim, Rapat Paripurna 3 Ranperda Batal Digelar

26 November 2018, 16:32:30 WIB

JawaPos.com – Ruang rapat paripurna yang megah di Kantor DPRD Sumatera Utara (Sumut) sepi, Senin (26/11). Padahal, sudah dijadwalkan akan digelar rapat tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda). 

Sejak pagi, seperti tidak ada tanda-tanda rapat. Hanya beberapa staf DPRD Sumut yang tampak hilir mudik. Rapat yang dibuka sekira pukul 10.00 WIB, sempat diskors selama setengah jam. Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga tampak belum hadir.

Pengesahan dan penandatanganan tiga Ranperda batal digelar. Tiga Ranperda yang akan disahkan tersebut yakni Penambahan Penyertaan modal ke dalam PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara, Rencana Zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil provsu tahun 2018-2038 dan Perlindungan Perempuan dan anak dari tindak kekerasan.

Setelah skors dicabut, jumlah kehadiran anggota dewan juga tetap tidak quorum. Akhirnya Wagirin langsung memutuskan untuk menunda. Edy yang duduk di deretan pimpinan sempat menunjukkan ekspresi wajah kebingungan. 

“Karena jumlah kehadiran anggota dewan belum quorum maka rapat paripurna ditunda dan akan dijadwalkan ulang,” kata Wagirin sembari mengetok palu,Senin (26/11).

Keputusan menunda rapat menuai protes. Wakil Ketua Bapemperda, Muchri Fauzy Hafiz mengatakan, keputusan Wagirin untuk membatalkan paripurna sangat sepihak dan tidak menghargai kehadiran Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam paripurna tersebut.

“Hargai jugalah kami (anggota DPRD Sumut) yang hadir, harusnya tanya dulu sekwan berapa yang hadir, kalau belum quorum lalu dilempar ke forum, ini kan nggak. Padahal gubernur hadir, sama-samalah kita menghargai,” ujarnya.

Kata Muchri, sikap Wagirin menunjukkan sebagai pimpinan yang baik. Sebab pada satu sisi, minimnya kehadiran anggota dewan tersebut menunjukkan bahwa dirinya tidak mampu menghadirkan seluruh anggota dewan.

“Kami di Bapemperda sudah lama membahas ini. Persoalan anggota dewan yang nggak hadir itu tanggungjawab dia juga sebagai Ketua, dia tidak mampu menyerukan. Jangan nanti seolah dilihat publik, kami malas. Padahal masih ada kami yang menjaga kehormatan lembaga ini,” pungkasnya.

Karena rapat ditunda, Edy pun keluar dari ruangan. Dia sempat menyalami beberapa anggota dewan yang hadir lalu pergi meninggalkan ruang rapat.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)



Close Ads
Wakil Rakyat Minim, Rapat Paripurna 3 Ranperda Batal Digelar