alexametrics

BPJS Kesehatan Dapat Suntikan Rp 10 Triliun

26 November 2018, 15:34:26 WIB

JawaPos.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mendapat suntikan dana dari pemerintah. Nilainya mencapai Rp 10 triliun. Suntikan dana sebesar Rp 4,89 triliun diperoleh dari rapat review defisit cash flow yang pertama. Kemudian rapat kedua, menentukan suntikan dana untuk BPJS Kesehatan sebesar Rp 5,6 triliun.

Selanjutnya, dana akan digunakan untuk membayar tunggakan yang jatuh tempo. Termasuk tunggakan pembayaran kepada sejumlah rumah sakit di Jawa Tengah (Jateng) yang mencapai Rp 300 miliar.

Direktur BPJS Kesehatan Fahmi Idris mengatakan, pembayarannya akan menyesuaikan aturan yang ada. Beberapa administrasi pembayaran harus dipenuhi. Mengingat dana suntikan pemerintah jumlahnya besar.

“Uang itu akan segera kami bayarkan tunggakan ke rumah sakit di seluruh Indonesia. Termasuk di Jawa Timur (Jatim), beserta denda-dendanya sesuai ketentuan. Jadi kami mohon RS tetap melayani pasien dengan baik,” kata Fahmi di Universitas Airlangga, Surabaya, Senin (26/11).

Pembayaran tunggakan akan diprioritaskan kepada pihak rumah sakit yang memang telah diverifikasi dan jatuh tempo. Meski demikian, BPJS Kesehatan akan tetap membayar sisa tunggakan kepada pihak rumah sakit yang belum jatuh Tempo.

Dari hasil review, BPJS Kesehatan punya total tunggakan sebesar Rp 25,6 triliun. “Nah, akan ada audit sistem kurang dari dua bulan ke depan untuk melihat berapa besar tunggakan yang harus kami selesaikan,” imbuh Fahmi.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur BPJS Kesehatan karena menunggak pembayaran kepada Rumah Sakit (RS) Roemani Muhammadiyah Semarang. Besar tunggakannya tercatat mencapai Rp 300 miliar.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (HDR/JPC)


Close Ads
BPJS Kesehatan Dapat Suntikan Rp 10 Triliun