alexametrics

Bercanda Soal Bom, Penumpang Ini Batal Berangkat

26 November 2016, 13:38:00 WIB

JawaPos.com – Candaan terkait bom dalam dunia penerbangan kembali terjadi. Kali ini terjadi di Bandar Udara Mopah Merauke pada Kamis (24/11). Saat diperiksa oleh petugas Bandara mengenai barang bawaannya, pelaku yang berinisial R mengatakan bahwa barang bawaanya berisi bahan peledak (bom), sehingga pelaku ini langsung diamankan oleh pihak Bandar Udara Mopah Merauke.

"Yang bersangkutan diperiksa oleh pihak keamanan kami seperti prosedur biasa," kata Kasubag TU Bandar Udara Mopah, Kabupaten Merauke Marius Lamera saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (24/11).

Menurut Marius, yang bersangkutan hendak menuju ke Makassar dan saat diperiksa, R sadar bahwa candaan tentang membawa bom di lingkungan bandara itu dilarang. "Prosedur tetap kami laksanakan dan setelah diperiksa, rupanya barang-barang bawaannya berupa handphone. Tetapi karena ada aturan ya diarahkan ke polisi dan disana diperiksa. Dia menyesal atas candaan yang dilakukan," ucapnya.

Akibat bercanda membawa bom itu, lanjut Marius, R batal berangkat dan pihak bandara tidak memberikan sanksi berat bagi yang bersangkutan. "Kami juga melihat bahwa pada saat mengeluarkan kata-kata, dia sendiri dengan pihak keamanan, sehingga diberikan pencerahan, pengarahan supaya lain kali tidak boleh lagi bercanda atau melakukan hal seperti itu," ujarnya.

Ia menambahkan, yang bersangkutan sudah membuat surat pernyataan atas perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

"Terkait sosialisasi tentang candaan membawa bom, kami di bandara juga ada tempel imbauan-imbauan tentang dilarang bercanda. Dari dulu kami menghimbau di RRI untuk dilarang bercanda membawa bom," pungkasnya.(nik/fud/sad/JPG)

Editor : admin

Bercanda Soal Bom, Penumpang Ini Batal Berangkat