alexametrics

Gubernur Ganjar Optimistis Gelaran Virtual Expo 2020 Bantu UMKM

26 Oktober 2020, 07:03:41 WIB

JawaPos.com–Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo optimistis gelaran UKM Virtual Expo 2020 dapat membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam memasarkan serta menjual produk-produknya saat pandemi Covid-19.

”Kita buktikan sekarang dengan UKM Virtual Expo ini. Baru kita mulai nilai transaksinya sudah Rp 1 miliar lebih. Artinya apa, sebenarnya kesempatan buat UMKM kita jualan secara virtual menjadi semakin terbuka,” kata Ganjar seperti dilansir dari Antara di sela UKM Virtual Expo 2020 di Semarang.

Ganjar yakin cara memasarkan dan menjual produk-produk unggulan secara virtual akan dilakukan para pelaku UMKM. ”Kita yakin bahwa cara-cara kita berdagang, berjualan, mau tidak mau, suka tidak suka harus pindah ke virtual,” ujar Ganjar.

Menurut Ganjar, Pemprov Jateng melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah akan terus memfasilitasi hal tersebut dengan menggandeng berbagai pihak dalam melaksanakan penjualan secara virtual.

”Kita latihan, ini adaptasi. Mungkin kita perlu nanti diberikan pengelola sehingga jualannya dari situ, bahasa apapun bisa menjawab sehingga ada manajemen yang mengelola dan UMKM kita bisa maju,” terang Ganjar.

Jumlah transaksi penjualan pada UKM Virtual Expo 2020 yang digelar Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Tengah tercatat sudah mencapai Rp 1,6 miliar.

”Sejak bisa diakses pada beberapa hari lalu, setidaknya sudah ada Rp 1,68 miliar transaksi melalui portal www.ukmvirtualexpo.com. Jumlah tersebut belum termasuk transaksi pesanan,” ujar Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jateng Emma Rachmawati.

Meski baru dibuka Minggu (25/10), produk-produk yang dipamerkan di UKM Virtual Expo sudah bisa dibeli sejak 20 Oktober. UKM Virtual Expo yang digelar 25–27 Oktober diikuti 102 pengusaha mikro kecil dengan total produk yang dipasarkan mencapai 910 jenis berupa produk pakaian, makanan-minuman, kerajinan tangan, serta furnitur.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara



Close Ads