JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tes CPNS di Jogja Ditunda, Peserta: Sampai Kapan?

26 Oktober 2018, 14:01:05 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
CPNS
CPNS: Hafid Husni Mubarok, 25, peserta CPNS yang datang ke lokasi tes bersama istri dan anaknya. (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Jogjakarta batal digelar hari ini. Sekitar 2.000 peserta pun terkatung-katung. Salah satunya adalah Hafid Husni Mubarok, 25, warga Desa Purwodadi, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng).

Hafid mengaku tiba di lokasi tes sekitar pukul 10.30 WIB. Dia datang bersama istri, Arti Yuliana dan anaknya, Aisya yang baru berusia 9 bulan. "Sesi kedua saya jadwalnya, pukul 12.30 WIB seharusnya. Tadi baru tahu ditunda, lihat pengumuman yang ditempel," katanya di Gedung Graha Wana Bhakti Yasa, Jalan Kenari, Kota Jogjakarta, Jumat (26/10).

Hafid berangkat dari rumahnya pukul 05.00 WIB. Normalnya, perjalanan membutuhkan waktu 3-4 jam. Namun, dia baru sampai di lokasi tes setelah menempuh perjalanan selama 5 jam. Sebab ban sepeda motornya bocor saat di Jalan Magelang, Kabupaten Sleman, atau berjarak sekitar 5 kilometer dari lokasi tes. "Tadi ban motornya sempat bocor," ungkapnya.

Ia belum memastikan apakah sementara tinggal di Jogja atau akan kembali ke rumahnya. Mempertimbangkan jarak, waktu, dan kepastian kapan akan dilakukan tes.

"Ini nanti rundingan dulu. Lihat ada pengumuman atau tidak. Jadwalnya ditunda sampai kapan? Kalau besok Senin atau Minggu, tidak pulang. Nanti tinggal dulu di tempat teman. Izin kerjanya biar tak terlalu banyak," paparnya.

Hafid mendaftar CPNS untuk formasi guru otomotif di SMK daerah Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Sengaja memilih di Jogja karena dulunya kuliah di salah satu universitas di Jogjakarta.

Peserta lain, Adinda, 27, mengaku berangkat dari rumahnya pukul 06.00 WIB. Kemudian tiba di lokasi tes sekitar pukul 07.30 WIB. "Sendirian tadi naik sepeda motor," cetus warga Kota Magelang, Jateng itu.

Terkait dengan penundaan tes, Adinda berpendapat seharusnya persiapan lebih didahulukan. Baru kemudian dikeluarkan jadwal tesnya. "Kalau bisa di-prepare dulu semuanya. Baru diumumkan jadwalnya. Itu lebih baik dari pada diumumkan jadwal tesnya duluan," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem Camputer Assisted Tes (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Jogjakarta dijadwalkan Jumat (26/10) ini. Tes dipusatkan di Gedung Graha Wana Bhakti Yasa, Jalan Kenari, Kota Jogjakarta.

Namun pelaksanaan tes CPNS terpaksa ditunda karena ada kendala teknis. Laptop yang sedianya digunakan untuk tes belum siap. Akibatnya, sekitar 2.000 peserta pun kecele.

"Batal, mundur. Karena laptopnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Daerah Istimewa Jogjakarta DIJ Agus Supriyanto, Jumat (26/10).

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up