alexametrics

CPGL Perawatan Sumur, Pasokan Gas di Batam Aman

26 Oktober 2018, 16:38:06 WIB

JawaPos.com – PT Conoco Philips Grissik Line (CPGL) sedang melakukan pemeliharaan beberapa sumur di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel). Aktivitas tersebut membuat sumur tidak bisa melakukan proses produksi.

Sales Area Head PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Batam Amin Hidayat mengatakan, perusahaan telah melakukan langkah-langkah antisipasi pada sistem jaringan. Serta membuat manajemen gas dengan skema memaksimalkan jumlah gas di line pack. Sehingga dapat meminimalisasi dampak dari berhentinya proses produksi sumur selama dua hari pada 27 dan 28 Oktober 2018.

PGN memastikan kebutuhan gas untuk wilayah Batam tetap tercukupi. Perusahaan tetap menyalurkan gas untuk pembangkit listrik, industri, pelanggan komersil dan rumah tangga dengan melakukan sistem kuota. Jadi seluruh pelanggan dapat tetap beroperasi.

“Alhamdullilah berkat kerja sama yang baik dengan semua pihak, PGN mampu menyalurkan gas di Batam secara aman terkendali”, ungkap Amin di Batam Centre, Batam, Jumat (26/10).

Kemampuan pemenuhan kebutuhan gas di wilayah Batam berkat koordinasi yang baik antara PGN dengan seluruh pihak terkait. Yaitu, Conoco Phillips Grissik, Transporter (PT TGI), dan seluruh pelanggan gas.

Amin menerangkan, kegiatan perawatan peralatan merupakan sesuatu yang lumrah terjadi. Sama seperti perawatan berkala kendaraan tiap kilometer tertentu.

Perawatan peralatan baik di hulu maupun hilir adalah sesuatu yang dilakukan secara periodik dan hampir pasti terjadi setiap tahunnya. Setiap tahun akan ada kegiatan perawatan, dan selalu dilaporkan kepada pihak regulator.

Terhadap adanya rencana pemeliharaan sumur Conoco Phillips Grissik yang berakibat terjadinya potensi penurunan pasokan gas, PGN sudah melakukan sosialisasi jauh hari sebelum pelaksanaan. “Tujuannya agar semua konsumen konsumen gas dapat mempersiapkan diri,” tutur Amin.

PGN telah menyalurkan gas di Batam sejak 2004. PGN terus memperluas jaringan infrastruktur dan meningkatkan pasokan gas bumi ke berbagai wilayah. Saat ini untuk wilayah Batam, PGN telah melayani 4.667 pelanggan rumah tangga, 70 pelanggan komersial, serta 43 pelanggan industri dan pembangkit listrik.

Secara total, PGN telah memasok ke 1.658 industri besar dan pembangkit listrik, 1.930 pelanggan komersial, dan 204.000 pelanggan rumah tangga. Pelanggan tersebut tersebar di 19 kabupaten/kota di 12 provinsi.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (bbi/JPC)

Copy Editor :

CPGL Perawatan Sumur, Pasokan Gas di Batam Aman