alexametrics

KPK Jemput Paksa Anggota DPRD Sumut

26 September 2018, 15:06:48 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melanjutkan pemeriksaan kasus dugaan suap yang menjerat mantan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho. Bahkan, penyidik melakukan penjemputan paksa terhadap anggota DPRD Sumut Muhammad Faisal Lubis. Dia merupakan salah satu tersangka penerima suap dari Gatot Pujo Nugroho.

Penyidik KPK datang ke kediaman Faisal di kawasan Komplek Villa Asoka, Jalan Asoka, Pasar I, Jalan Setia Budi Kota Medan, Rabu (26/9) pagi. Petugas menumpang dua mobil dengan nopol BK 27 IB dan BK 1210 OI.

Petugas KPK tampak memboyong Faisal yang masih memakai kaos. Turut dibawah pula sejumlah berkas dan tas berwarna coklat. Penjemputan paksa disaksikan langsung Kepling 8 Kelurahan Asam Kumbangg Zul. “Saya hanya mendampingi saja,” ujarnya.

Jubir KPK Febri Diansyah juga membenarkan penjemputan itu. Menurutnya, saat ini Faisal sedang diperiksa di Polsek Sunggal. “Rencananya, sore ini dibawa ke Jakarta untuk proses lebih lanjut,” kata Febri lewat pesan singkat.

Sebelumnya, Faisal mangkir dari panggilan KPK sebanyak dua kali. Yakni, pada 7 dan 24 September 2018. “Kami ingatkan pada tersangka lain agar koperatif. Hal ini menjadi pelajaran agar memenuhi panggilan penyidik dan mengikuti proses hukum yang berlaku,” tandas Febri.

Saat ini, Faisal menjabat Ketua Fraksi Golkar DPRD Sumut dan ketua ormas pemuda di Sumut. Faisal merupakan 1 dari 4 tersangka penerima suap Gatot yang mempraperadilankan penetapan tersangka. Setelah permohonan mereka ditolak PN Medan, Faisal bersama Washington Pane, Ariffin Nainggolan, Syafrida Fitri, memohon praperadilan di PN Jakarta Selatan.

Faisal masuk dalam daftar 38 anggota dan mantan anggota DPRD Sumut yang ditetapkan sebagai tersangka kasus suap. Selain itu, terdapat 12 orang yang telah dijatuhi hukuman.

Sejauh ini sudah 50 orang yang dijerat KPK dalam kasus ini. Sementara sejumlah nama juga disebut dalam putusan hakim belum jadi tersangka. Termasuk penerima suap yang telah mengembalikan uang.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (pra/JPC)



Close Ads
KPK Jemput Paksa Anggota DPRD Sumut