alexametrics

Kongres XXIV PWI di Solo Bakal Dibuka Presiden Jokowi

26 September 2018, 21:09:31 WIB

JawaPos.com – Kongres XXIV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) akan digelar di Kota Solo, mulai Kamis-Minggu (27-30/9) mendatang. Kongres akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dijadwalkan hadir pada Jumat (28/9) pukul 16.00 WIB.

Dalam kongres ini, akan dipilih Ketua Umum (Ketum) PWI pusat yang akan menjabat dalam lima tahun ke depan atau periode 2018-2023 mendatang menggantikan Ketum saat ini Margiono. 

Ketua Panitia Kongres, Rita Sri Hastuti dalam jumpa pers menjelaskan, bahwa sampai saat ini sudah ada kepastian terkait kehadiran mantan Wali Kota Solo tersebut. “Sudah ada kepastian bahwa beliau Bapak Presiden Jokowi akan hadir dan membuka kongres PWI ini,” terangnya, Rabu (26/9). 

Rita menambahkan, alasan dipilihnya Kota Solo sebagai tempat diselenggarakannya Kongres lantaran Solo memiliki sejarah berkaitan dengan lahirnya pers. Nantinya, Kongres XXIV tersebut akan diikuti oleh perwakilan dari 34 Provinsi se Indonesia.

“Nanti perwakilan dari seluruh provinsi juga hadir dalam kongres ini. Nanti juga akan dilakukan pemilihan Ketum PWI,” urainya. 

Saat ini setidaknya sudah ada lima nama calon yang maju dalam bursa Ketum PWI. Diantaranya, Teguh Santoso dari Kantor Berita Politik RMOL, Ahmad Munir dari LKBN Antara, Hendry CH Bangun dan Kompas, Atal S Depari dari Sportanews.com dan Sasongko Tedjo dari Suara Merdeka.

Ketua Panitia Pengarah, Ilham Bintang dalam kesempatan yang sama menjelaskan, bahwa nantinya setiap calon akan menandatangani pakta integritas. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari adanya kepentingan lain dalam politik yang membawa nama PWI.

“Pakta integritas yang akan ditandatangani diantaranya berisi tidak terlibat dalam politik uang, tidak terlibat dan membawa nama PWI dalam politik praktis,” tandasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)


Close Ads
Kongres XXIV PWI di Solo Bakal Dibuka Presiden Jokowi