alexametrics

Kapolda Sumut Dicurhati Pengemudi Bentor Karena Tak Punya BPJS

26 September 2018, 15:08:14 WIB

JawaPos.com – Polda Sumatera Utara (Sumut) menunjukkan keterbukaannya dengan masyarakat. Pagi tadi, Rabu (27/9), Kapolda Sumut Irjen Agus Adrianto menerima ribuan pengemudi becak motor (bentor) di halaman Polda Sumut. Berbagai keluhan disampaikan, mulai dari tak punya BPJS hingga cerita soal begal.

JawaPos.com mengikuti acara yang dimulai sejak pukul 10.00 itu. Banyak pengemudi yang sudah berkumpul di halaman Polda Sumut. Saat itu, salah seorang warga mengeluhkan bahwa semua pengemudi Bentor di Medan tidak memiliki BPJS.

“Kalau sakit khawatir, kami tidak punya uang,” paparnya.

Bahkan, pernah ada salah seorang pengemudi bentor yang meninggal di becaknya. Beberapa temannya menyebut, almarhum yang meninggal itu menahan sakit di bentornya. “Karena tahu, kalau ke rumah sakit biayanya besar. Tidak mampu,” keluhnya.

Kapolda merespon dengan meminta data semua pengemudi bentor. Menurutnya, pemerintah memiliki program terkait BPJS. “Nah, Saya coba dorong kalau masih ada kuota, supaya pengemudi bentor mendapatkan BPJS,” ujarnya.

Tentunya, nanti bisa dicek apakah data BPJS selama ini valid. Polda Sumut bisa menjadi fasilitator untuk mendorong perbaikan pelayanan kesehatan. “Kami tentu harus ikut melayani,” paparnya.

Tidak hanya itu, Kapolda juga mengusulkan untuk pembentukan koperasi bentor di Medan. Tujuannya, supaya setiap pengemudi bentor bisa lebih sejahtera. “Kalau bisa secepatnya bentuk koperasi, ini penting untuk membantu dan melindungi pengemudi bentor,” ujarnya.

Salah seorang pengemudi bentor lalu menceritakan terkait begal. Dia mengaku pernah menjadi korban begal. “Saya saat itu dibegal dua orang. Saya sedang bawa penumpang perempuan orang Aceh. Saya lindungi satu lawan dua,” ungkapnya.

Saat itu, dia memang berhasil menjaga penumpang dan hartanya dari begal. Meski demikian, hal itu membuatnya trauma. Dia berharap Polda Sumut bisa membereskan masalah begal sampai tuntas.

“Saya berharap agar penindakan terhadap begal sampai tuntas. Sampai tidak ada begal lagi,” ujarnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : (idr/JPC)

Kapolda Sumut Dicurhati Pengemudi Bentor Karena Tak Punya BPJS