JawaPos Radar

7,5 Jam Tertahan di Bandara Pekanbaru, Neno Warisman Terpaksa Pulang

26/08/2018, 03:01 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Neno Warisman
Presidium gerakan #2019GantiPresiden, Neno Warisman berangkat ke Surabaya setelah ditolak di Pekanbaru, Riau. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Presidium gerakan #2019GantiPresiden, Neno Warisman akhirnya memilih bertolak ke Jakarta. Ia akhirnya pulang, setelah tertahan di pintu gerbang keluar Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau, hingga 7,5 jam lamanya.

Kepulangan Neno itu disampaikannya sendiri, melalui video singkat yang direkamnya. Dalam video berdurasi 55 detik itu, tampak Neno mengatakan alasan kepulangannya.

"Ya akhirnya, teman-teman semuanya, saya mengajak Kabinda (Kepala BIN Daerah) untuk tidak kasar dan saya salat dulu tiga rakaat sebelum akhirnya dilakukan pemulangan," ujar Neno dengan mata berkaca-kaca.

Ia mengaku pemulangannya itu karena dipaksa. "Dipulangkan dan dipaksa pulang tepatnya, dan sekarang saya sedang menuju ke dalam pesawat. Sekarang kita sudah mencoba bertahan," tutupnya sambil duduk di bangku pesawat.

Neno diketahui berangkat dari Jakarta melalui bandara Halim Perdana Kusuma, sekitar pukul 13.25 WIB. Kemudian mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru, pada pukul 15.13 WIB.

Ke Pekanbaru, Neno datang bersama dengan Mursal Fadillah, Syamsul Balda, R Mardi Hardjono. Ia kemudian dijemput oleh Diana Tabrani Rab dan suaminya.

Namun sesampainya di gerbang keluar Bandara, mobil yang ditumpangi Neno dilarang keluar. Sebab, puluhan massa memblokir jalan keluar bandara dengan menutup pagarnya. Bahkan, massa sempat melempari mobil Neno dengan botol air mineral. Mereka juga membakar ban bekas. Massa ini bertahan hingga pukul 17.00 WIB. 

Setelah massa kontra bubar, massa yang pro dengan Neno pun berdatangan. Mereka bermaksud untuk menjemput Neno. Namun, massa ini akhirnya dibubarkan paksa karena melakukan aksinya hingga lewat pukul 18.00 WIB.

Tak lama setelah itu, ratusan massa yang pro dengan Neno kembali berdatangan. Tepatnya sekitar pukul 22.00 WIB. Mereka meminta Neno untuk diizinkan keluar dari Bandara. Hingga kini, massa itu masih bertahan di Bandara meski Neno telah kembali.

Sebelumnya, Neno memastikan dirinya akan hadir pada acara #2019GantiPresiden di Pekanbaru yang akan dilangsungkan pada Minggu (26/8) besok. "Besok InsyaAllah dilaksanakan. Karena sesuai konstitusional. Gak boleh ada yang menghalangi," kata dia.

Namun acara itu batal dihadirinya. Sebab malam ini ia harus kembali. Setelah dari Jakarta, Neno rencananya akan menghadiri acara deklarasi yang akan dilangsungkan di Kota Surabaya, Jawa Timur.

(ica/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up