JawaPos Radar

Pelajar Jadi Sasaran Empuk Pengedar Narkoba

26/07/2018, 17:15 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Pengedar Sabu
Wakapolres Batu, Kompol Nurmala (kanan) membawa barang bukti berupa sabu dan uang milik pelaku pengedar narkoba. (Fisca Tanjung/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Peredaran narkoba di kalangan pelajar merajalela. Salah satu buktinya seperti yang terjadi di Kota Batu ini. Seorang pengedar narkoba kedapatan akan melakukan transaksi narkoba di depan MAN Kota Batu, Jalan Patimura, Kelurahan Temas, Kota Batu.

Namun, transaksi tersebut berhasil digagalkan oleh jajaran Polres Batu. Pelaku yang diamankan yakni AM, 19, warga jalan Abdul Gani, Ngaglik, Kota Batu. Wakapolres Batu, Kompol Nurmala mengatakan, AM kedapatan membawa 9 paket narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 2,22 gram. "Dia diamankan di depan MAN Kota Batu. Selain sabu juga kita amankan sebuah handphone," ujarnya, Kamis (26/7).

Setelah dilakukan pendalaman lebih lanjut, ternyata AM melakukan jual-beli sabu bersama dengan rekannya, SF, 25, warga Temas, Kota Batu. Saat diamankan di rumah kos-kosan yang berada di Kelurahan Ngaglik, Kota Batu, SF kedapatan membawa 2 paket sabu seberat 0,54 gram. "Juga ada 2 pak plastik bening siap diedarkan dan 74 butir pil koplo," jelasnya. 

Berdasar pengakuan dari tersangka, mereka mendapat barang haram tersebut dari teman yang juga berada di Batu. Sabu tersebut pun dijual dengan harga berbeda-beda, tergantung paketnya. "Dijual mulai dari berat 0,5 gram dengan harga Rp 300 ribu," kata Nurmala. 

Kedua pelaku sendiri terbilang pemain baru. Pasalnya, mereka baru melakukan transaksi ini sejak tiga bulan lalu. "Pengakuannya baru satu kali ini melakukan," kata dia. Barang itu sendiri dijual dengan sasaran semua kalangan. Mulai orang dewasa hingga pelajar. 

Akibat perbuatannya, kedua pelaku dikenai Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika Pasal 12 ayat 1. Keduanya diancam dengan hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun kurungan penjara.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up