BBKSDA Riau Sebut Keberadaan Harimau di Siak Belum Valid

26/07/2018, 17:07 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Beredar video harimau yang tengah berkeliaran di Hutan Tanamannya Industri (HTI) Kabupaten Siak, Riau. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com – Warga Riau gempar dengan adanya video yang beredar luas dan menayangkan kemunculan sesosok harimau Sumatera di areal Hutan Tanamannya Industri (HTI) Kabupaten Siak, Riau. Namun, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, belum dapat memastikannya.

Kepala BBKSDA Riau, Suharyono mengatakan, pihaknya saat ini masih menelusuri kebenaran video berdurasi 26 detik, yang diunggah oleh pemilik akun Facebook Untung Susilo, pada Rabu (25/7) kemarin. Akan tetapi, belum ada data pasti.

"Sampai saat ini, saya belum mendapatkan data yang valid terhadap kemunculan harimau disana (Siak)," katanya di Pekanbaru, pada Kamis (26/7).

Pihaknya kata dia, sudah turun ke lokasi yang ada di video tersebut untuk melakukan pengecekan fisik. Tujuannya, agar berita tersebut terkonfirmasi dengan benar.

"Kita sudah menelusuri video yang beredar juga ke lokasi. Tapi sampai detik ini, saya belum mendapatkan laporan kebenaran akun dan kepastian valid atau tidaknya," ucapnya.

Suharyono mengaku bahwa pihaknya sudah melihat video yang beredar tersebut. Ia mengamini lokasi yang diambil memang berada di areal HTI.

"Saya yakin betul, dari hasil penglihatan video yang saya terima tadi. Sepertinya pada areal HTI, karena, terjadi vergetasi yang berdekatan disitu kebanyakan akasia mangium. Kemungkinan besar itu adalah dari areal HTI," ungkapnya.

Meski meyakini bahwa lokasi video tersebut berada di HTI, tapi Suharyono meragukan itu berada di Kabupaten Siak."Jangan sampai masyarakat dibuat resah dulu akibat laporan tersebut," tutupnya.

(ica/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi