JawaPos Radar

Anjurkan Joget di Tempat Senam, Mabes Polri Larang Kiki Challenge

26/07/2018, 19:47 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Anjurkan Joget di Tempat Senam, Mabes Polri Larang Kiki Challenge
Ilustrasi Kiki Challenge. (Dok Sumatera Ekspress/ Jawa Pos Group)
Share this image

JawaPos.com - Ramainya 'Kiki Challenge' di dunia maya direspons langsung Kepolisian Republik Indonesia. Mereka melarang masyarakat untuk melakukan tantangan turun dari mobil dan langsung berjoget di tengah jalan itu.

"Yang jelas Kiki itu dilarang ya, kita akan lakukan penindakan," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divhumas Mabes Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal di kantornya, Kamis (26/7).

Adapun penegakan hukum itu dilakukan, kata Iqbal, demi keselamatan masyarakat itu sendiri serta pengguna jalan lainnya. "Gara-gara itu yang lain bisa tabrakan, melihat mereka pakai yang kemarin itu, bisa kecelakaan," tegasnya.

Anjurkan Joget di Tempat Senam, Mabes Polri Larang Kiki Challenge
Karopenmas Mabes Polri Brigjen M Iqbal. (Desyinta Nuraini/ JawaPos.com)

Lagipula Iqbal berpendapat, melakukan Kiki Challenge sama sekali tidak bermanfaat. Lebih baik jika ingin berjoget, dilakukan di tempat lain yang memang sudah menjadi fungsinya.

"Kalau mau joget di tempat senam saja itu. Kalau di jalan, undang-undangnya konsentrasi. Jangankan keluar, buka pintu, joget, pakai HP (handphone) saja dilarang," tutur mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu.

Sejauh ini, memang pihaknya belum mendapatkan data kecelakaan terkait mereka yang melakukan Kiki Challenge. Namun menurut dia, lebih baik mencegah daripada hal tersebut benar-benar terjadi.

"Polisi ingin semua pengguna jalan selamat karena ketika kecelakaan, social cost-nya banyak. Ada efek domino," pungkas iqbal.

(dna/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up