alexametrics

Rumah Sakit Rujukan Penanganan Covid-19 di Kota Malang Penuh

26 Juni 2021, 06:55:08 WIB

JawaPos.com–Dinas Kesehatan Kota Malang menyatakan, tingkat keterisian rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, penuh. Hal tersebut seiring dengan meningkatnya kasus konfirmasi Covid-19 khususnya di wilayah Kota Malang.

”Iya, benar. Hampir di semua rumah sakit rujukan, termasuk Rumah Sakit Lapangan Idjen Boulevard, sudah penuh 100 persen,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Husnul Muarif seperti dilansir dari Antara di Kota Malang.

Husnul menjelaskan tingkat keterisian atau bed occupancy ratio (BOR) di rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 yang penuh tersebut, terjadi di ruang isolasi penanganan pasien konfirmasi, hingga Intensive Care Unit (ICU) yang dilengkapi dengan ventilator. ”Untuk bed isolasi, semuanya hampir penuh. Jika bed isolasi penuh, kemungkinan untuk ruang ICU juga penuh,” ujar Husnul.

Husnul menambahkan, Pemerintah Kota Malang saat ini melakukan upaya untuk menambah kapasitas rumah sakit rujukan penanganan Covid-19. Selain itu juga menyiapkan rumah sakit lain yang sebelumnya bukan merupakan tempat rujukan penanganan Covid-19.

Menurut Husnul, di rumah sakit yang selama ini bukan merupakan rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 tersebut, akan disiapkan paling tidak dua tempat tidur yang akan dipergunakan untuk isolasi pasien konfirmasi. ”Untuk rumah sakit yang bukan rujukan, kita akan mengupayakan, paling tidak satu, atau dua bed untuk isolasi. Itu untuk menyangga, dan mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19,” ujar Husnul.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: