alexametrics

Sampah Kiriman Bogor Menumpuk Hingga 60 Meter Kubik di Kali Season City

26 April 2019, 11:01:40 WIB

JawaPos.com – Luapan air sungai kiriman dari Bogor membuat kondisi Banjir Kanal Barat dipenuhi tumpukan sampah dari berbagai jenis. Kondisi itu terjadi tepatnya di depan Mal Seasons City Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Jumat (26/4).

Diperkirakan tumpukan sampah dari Bogor di KBK mencapai 60 meter kubik. Tim Media Sosial UPK Badan Air DKI Jakarta Apit Raharjo mengatakan, tumpukan sampah tersebut berasal dari kiriman aliran arus deras sungai dari Bogor.

Sementara Kali BKB di Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat merupakan termasuk daftar kali yang menerima sampah kiriman dari Bogor, Jawa Barat saat musim hujan.

Sampah kiriman menumpuk di Banjir Kanal Barat. (Istimewa)

“Saat ini, aliran kali terhitung cukup deras. Ketinggian air pun dinilai meningkat dari hari biasanya. Mungkin karena semalem katulampa siaga satu dan terus diguyur hujan,” ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (26/4).

Menurut Api, kondisi KBK pagi ini sudah dipenuhi tumpukan berbagai jenis sampah. Seperti, sampah plastik, styrofoam bambu, batang kayu, bahkan sampah TV 14 inci.

Hingga saat ini, sekat HDPE yang terbentang di kali berhasil menahan sampah yang terapung. Selanjutnya, petugas UPK Badan Air akan membersihkan sampah-sampah terapung dengan cara berjalan di atas sekatan untuk mendorong sampah agar mengarah di dekat alat berat.

“Pengangkutan sampah sendiri menggunkan dua buah alat berat Excavator Amphibi & Excavator Sepider yang berada di atas. Sampah-sampah yang berhasil diangkut langsung dibawa ke Bantar Gebang,” terangnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Wildan Ibnu Walid



Close Ads