alexametrics

Khofifah Beri Santunan Petugas KPPS Meninggal

26 April 2019, 18:55:12 WIB

JawaPos.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan perhatian khusus pada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal usai menjalankan tugas pada saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, 17 April lalu.

Salah satunya petugas KPPS 04 Kelurahan Tlogomas, Kota Malang Agus Susanto yang meninggal karena dugaan kelelahan.

Komisioner KPU Kota Malang Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Ashari Husein membenarkan adanya informasi pemberian santunan kepada salah satu petugas KPPS tersebut.

“Kami (KPU Kota Malang) mendapatkan telepon dari Gubernur untuk diberikan santunan. Saat ini saya perjalanan ke Surabaya untuk mengawal proses penyerahan santunan kepada ahli waris,” ujarnya saat di konfirmasi, Jumat (26/4).

Sebagai informasi, santunan tersebut akan diberikan langsung oleh Khofifah di Gedung Grahadi, Surabaya, Jumat (26/4) sore. Ketika ditanya berapa nominal santunan tersebut, Ashari masih belum bisa memastikan. “Nominalnya belum tahu. Intinya santunan dalam bentuk uang,” jelasnya.

Sementara itu, untuk petugas KPPS lain yang jatuh sakit pasca menjalankan tugas Pemilu, Ashari mengaku bila pihaknya akan melakukan inventarisir. “Kami inventarisir yang sakit. Sudah kami kantongi datanya,” kata dia.

Berdasarkan catatan KPU Kota Malang, setidaknya ada 15 petugas KPPS yang jatuh sakit. Beberapa diantaranya ada yang harus menjalani opname di Rumah Sakit. “Selanjutnya akan kami sampaikan ke jajaran KPU RI,” pungkasnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Fisca Tanjung