alexametrics

Hari Pertama Operasi, Polisi Temukan Anak Bawah Umur Langgar Peraturan

26 April 2018, 20:15:12 WIB

JawaPos.com – Hari pertama pelaksanaan Operasi Patuh Muara Takus 2018 di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (26/4), Polisi menemukan adanya anak di bawah umur yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Anak di bawah umur itu mengendarai sepeda motor tanpa menggunakan helm, dan juga tidak dilengkapi surat-surat. “Tadi ada beberapa pelanggar yang ternyata anak dibawah umur. Mereka langsung kita berikan edukasi. Kita sangat menyayangkan jika usia muda sampai jdi korban kecamatan di jalan raya,” ujar Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Rinaldo Aser, Kamis (26/4) sore.

Aser menyebutkan, pada hari perdana petugasnya sudah melakukan penindakan terhadap 92 pengendara. Penindakan secara stasioner ini dilakukan di tiga lokasi. Pertama, di Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) Jalan Jenderal Sudirman depan Bank Indonesia, kemudian Jalan Tuanku Tambusai dan Jalan Yos Sudarso.

Hari Pertama Operasi, Polisi Temukan Anak Bawah Umur Langgar Peraturan
Hari pertama pelaksanaan Operasi Patuh Muara Takus 2018 di di Jalan Yos Sudarso, Rumbai, Pekanbaru, Riau, Kamis (26/4). (Istimewa)

Dari 92 pengendara yang terjaring, pelanggaran didominasi oleh pengendara sepeda motor sebanyak 66 pelanggaran. Dengan jenis melawan arus sebanyak 23 pengendara. Sedangkan sisanya 26 pelanggaran, dilakukan oleh pengendara‎ roda empat.

“Adapun yang menjadi sasaran pelaksanaan operasi yakni pelanggaran yang tampak secara kasat mata, seperti tidak menggunakan helm SNI, melanggar rambu rambu lalu lintas, melawan arus, berkendara dibawah umur, gunakan HP saat berkendara, kecepatan tinggi, dan berkendara dalam kondisi mabuk,” jelasnya.

Sekedar informasi bahwa operasi Patuh Muara Takus 2018 akan berjalan selama 14 hari. Mulai tanggal 26 April hingga tanggal 9 Mei 2018 nanti. Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang lalu lintas.

“Tentunya juga mengurangi angka kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (ica/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

Hari Pertama Operasi, Polisi Temukan Anak Bawah Umur Langgar Peraturan