JawaPos Radar

Bersenjata Lengkap, Brimob Patroli Berantas Preman Jalanan

26/04/2018, 08:00 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Brimob Bersenjata Lengkap
Personel Detasemen C Pelopor Satbrimob Polda Jabar menyambangi sejumlah titik keramaian yang disinyalir memicu adanya aksi premanisme di Kota Cirebon, Rabu (25/4). (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Sejumlah personel brimob bersenjata lengkap mengelilingi jalanan di sejumlah titik yang dianggap rawan tindakan aksi premanisme. Para personel Brimob berpatroli menyisir jalan simpang empat Jalan Brigjend Dharsono Bypass, Jalan Kanggraksan, dan Jalan Kesambi. Cirebon, Rabu (25/4).

Kepala Detasemen C Pelopor Satbrimob Polda Jabar, AKBP Widodo, mengatakan patroli quick wins itu sebagai upaya pencegahan aksi tindak kejahatan, khususnya premanisme.

Dikatakannya, patroli tersebut bertujuan untuk memberantas para preman yang mencoba mengganggu ketertiban umum dan memicu terjadinya tindak kriminalitas.

"Kami berpatroli di berbagai titik-titik yang dianggap rawan dari aksi tindak premanisme yang meresahkan masyarakat. Kami menerjunkan beberapa tim, di mana satu tim terdiri dari 10 personel," ujarnya saat ditemui di Mako Detasemen C Pelopor Satbrimob Polda Jabar, Jl Sultan Ageng Tirtayasa, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Rabu (25/4).

Widodo mengatakan, patroli quick wins tersebut dititikberatkan pada objek-objek yang disinyalir adanya aktivitas preman dan tindakan premanisme. Seperti terminal,  stasiun, pelabuhan, pasar dan tempat-tempat keramaian lainnya.

Menurutnya, patroli quick wins itu dapat meminimalisir adanya gangguan keamanan, ketertiban dan masyarakat dari tindakan premanisme. Sehingga dapat menekan angka kriminalitas yang berasal dari tindakan ulah para preman.

"Aktivitas preman dan premanisme sangat meresahkan dan berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Untuk itu, sesuai amanat undang-undang, kami menerjunkan personel Brimob untuk berpatroli," ujarnya.

Widodo berharap, dengan menurunnya angka kriminalitas, maka aktivitas masyarakat Cirebon dapat berjalan lancar,  aman dan nyaman. Sehingga tingkat kebahagiaan masyarakat Cirebon semakin meningkat.

"Penyakit masyarakat yang timbul dari aksi premanisme ini harus terus diberantas, karena selain membuat orang lain tidak aman dan nyaman, premanisme memicu kriminalitas," ujarnya.

(wiw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up