alexametrics

Selain Aceh, Sumbar Juga Konfirmasi Kasus Pertama Covid-19

26 Maret 2020, 15:03:30 WIB

JawaPos.com – Selain Aceh, Sumatera Barat juga mengkonfirmasi kasus pertama positif covid-19. Pasien pertama itu diungkap oleh Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias.

Dikutip dari Padek.co (Jawa Pos Group), pasien pertama tersebut berjenis kelamin perempuan dan sedang diisolasi di Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi.

“Jujur saya katakan. Hasil laboratorium tadi pagi, sudah ada positif warga Bukittinggi. Tim kita sudah turun dan jemput keluarganya untuk diisolasi,” kata Ramlan kepada wartawan di Bukittinggi, seperti dilansir Padek.co, Kamis (26/3).

Ramlan menerangkan, suami pasien memiliki riwayat perjalanan ke Malaysia. Kini Malaysia juga tengah menghadapi penyebaran virus Covid-19.

Setelah sampai di rumah, kemungkinan menjalin kontak dengan istrinya. “Istrinya yang kena (Covid-19). Sekitar tanggal 21 Maret beliau masuk ke RSAM. Hari ini kita masukkan empat orang ke RSAM,” imbuh Ramlan.

Selain mengisolasi keluarga yang pernah kontak, petugas kesehatan Bukittinggi juga menelusuri ke mana pasien itu pernah pergi, ngumpul, atau bersalaman. Penelusuran itu untuk memutus mata rantai penularan.

“Karena sudah ada yang positif, saya minta kewaspadaan ditingkatkan. Seluruh masyarakat di rumah saja, jangan di luar, pelihara keluarga, sering cuci tangan, jangan salaman, dan kalau ke masjid bawa sajadah dari rumah,” pesan Ramlan.

Ramlan menegaskan, tidak akan menutupi soal Covid-19. “Saya tidak akan tutupi soal ini. Berbagai langkah sudah dilakukan sejak awal untuk pencegahan dan penanganan. Misalnya, kita berikan bantuan 35 set APD (alat pelindung diri) ke RSAM, 15 RS Yarsi, 10 RS Madina, 10 RS Stroke ditambah masker,” jelasnya.

Selain mengumumkan satu pasien yang positif, Ramlan juga menyampaikan ada salah seorang pasien di ruang isolasi meninggal dunia. Namun, hasil uji laboratorium pasien yang dirujuk dari Kabupaten Solok Selatan (Solsel) itu belum keluar sehingga belum bisa dipastikan poitif atau tidak.

Sebelumnya Pemerintah Aceh juga mengkonfirmasi kasus pertama covid-19. Pasien tersebut sebelumnya berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) namun meningggal dunia pada Senin (23/3) lalu. Namun dari hasil tes, pasien laki-laki itu positif covid-19.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Ilham Safutra

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads