alexametrics

Karantina Kesehatan Cegah Penyakit Menular Antar Negara

26 Maret 2019, 19:25:20 WIB

JawaPos.com – Karantina kesehatan sangat diperlukan untuk mencegah penularan penyakit yang dapat terjadi melalui udara dan interaksi lainnya. Apalagi, aktivitas internasional seperti perdagangan, pariwisata dan perjalan antar negara kian tinggi akhir-akhir ini.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Alwis, ketika menghadiri sosialisasi undang-undang terkait karantina kesehatan di salah datu hotel di Kota Padang, Selasa (26/3).

“Tingginya aktivitas perjalanan luar negeri, pariwisata bisa meningkatkan risiko penularan penyakit. Hal itu perlu ditangkal dan dikendalikan. Nah, karantina kesehatan ini adalah upaya meminalisir risiko tersebut,” kata Alwis, Selasa (26/3).

Selain itu, lanjut Alwis, mencegah risiko penularan kesehatan yang dapat menimbulkan kedaruratan kesehatan bagi masyarakat, juga perlu dilakukan pemeriksaan di tempat-tempat kedatangan jalur internasional.

Seperti pelabuhan laut, terminal udara hingga pos-pos di setiap perbatasan dengan Negara tetangga. “Karantina Kesehatan dapat menghambat penyebaran penyakit menular,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Klas II Padang Jalil Alfani mengatakan, sosialisasi tentang undang-undang nomor 6 tahun 2018 ini diharapkan mampu memperkuat keamanan kesehatan negara dari ancaman penyakit dan faktor resiko kesehatan masyarakat.

Pihaknya sebagai kantor Kesehatan Pelabuhan memiliki otoritas kesehatan yang berwenang di pintu masuk Negara. “Kami akan tingkatkan kontrol pengawasan agar penyakit menular yang dapat masuk dari beberapa sektor dapat dicegah,” katanya. 

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Riki Chandra

Copy Editor :

Karantina Kesehatan Cegah Penyakit Menular Antar Negara