alexametrics

ISPA Jadi Salah Satu Penyakit Terbanyak di Batam

26 Maret 2019, 16:30:05 WIB

JawaPos.com – Persentase Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) meningkat di Batam. Cukup banyak masyarakat Batam yang terserang penyakit tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi.

Ia mengatakan, dari 10 penyakit yang banyak ditemui, ISPA menempati posisi teratas. Baik ISPA Pneumonia maupun ISPA yang bukan Pneumonia. ISPA Pneumonia adalah penyakit infeksi yang menyerang paru, sehingga menyebabkan kantung udara di dalam paru meradang dan membengkak. Kondisi kesehatan ini sering kali disebut dengan paru-paru basah.

“Memang jadi yang tertinggi dari 10 penyakit yang banyak ditemui,” kata Didi di Batam pada Selasa (26/3).

Data dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah, Batam, ada 2.117 penderita ISPA pada 2018 lalu. Angka ini cukup jauh menurun jika dibandingkan tahun 2017 lalu. Dimana pasien yang tertular oleh bakteri Mycrobacterium Tuberculosis ini mencapai angka 3.335 orang.

Banyaknya penderita ISPA yang ditangani di rumah sakit ini, karena RSUD Embung Fatimah ini menjadi rujukan dari puskesmas yang ada di Batam.

Didi melanjutkan, rata-rata yang terserang pneumonia adalah anak-anak. Untuk orang dewasa, sangat jarang sekali terserang penyakit tersebut. Walaupun tertinggi di Batam, belum ada kasus ISPA yang berujung pada kematian di Batam.

Didi pun mengapresiasi pengobatan di puskesmas ataupun di rumah sakit. Karena apa yang dilakukan sudah sangat tepat. Sehingga seluruh pasien bisa sembuh dari ISPA.

“Alahamdulliah tidak ada kematian di Batam karena pneumonia. Artinya penanganan kita cukup baik,” kata Didi.

Selain TB, kasus penyakit tertinggi lainnya selama tahun 2018 di RSUD Embung Fatimah adalah gagal jantung. Tercatat ada 1.855 orang yang mengalami penyakit itu. Sedangkan diabetes melitus tercatat sebanyak 1.760.

Untuk gangguan skizotipal psikotik akut tercatat ada 1.211 kasus, dan gangguan mastoid sebanyak 1.051 kasus yang di tangani di RSUD Embung Fatimah.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Bobi Bani



Close Ads
ISPA Jadi Salah Satu Penyakit Terbanyak di Batam