alexametrics

Hati-hati! Fenomena Equinox Bisa Sebabkan Sun Stroke

Kurangi Aktivitas Luar Ruang
26 Maret 2019, 05:55:40 WIB

JawaPos.com – Fenomena matahari yang sedang berada di titik terdekatnya dengan Bumi, membuat pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Berau kembali mengingatkan masyarakat Berau untuk memperbanyak minum air dan mengurangi aktivitas di luar rumah.

Kepala BMKG Berau, Tekad Sumardi mengatakan, saat ini Berau dan sejumlah daerah lainnya yang masuk dalam garis khatulistiwa tengah memasuki periode equinox atau kondisi di mana matahari tepat melintasi garis khatulistiwa.  

Periode ini dikatakan Sumardi, terjadi dalam rentan waktu 22 hingga 28 Maret 2019 dan merupakan siklus dua tahunan. “Jadi kami menyarankan jangan lupa meminum lebih banyak air dan makan banyak buah. Serta kalau bisa mengurangi aktivitas di luar rumah selama Equinox,” katanya dikutip dari Berau Post (Jawa Pos Group), Selasa (26/3).

Karena kondisi tersebut, suhu udara pun meningkat atau naik beberapa derajat. Sehingga masyarakat yang lebih sering beraktivitas di luar rumah berpotensi terkena dehidrasi atau sun stroke.

“Tapi masih cenderung aman. Cuman cuacanya saja yang sangat panas dengan kelembapan udara rendah,” sebutnya.

Salah satu fenomena alam ini juga diterangkannya, selain terjadi setiap dua tahun yang terjadi pada Maret dan September. “Terakhir kali pada Maret 2017. Lalu terjadi lagi di akhir Maret tahun ini,” ujarnya.

“Dan kalau di luar negeri, equinox ini dikenal dengan istilah hari tanpa bayangan, karena matahari tepat melintasi garis khatulistiwa. Dimana, equinox itu berarti tidak ada perbedaan siang dengan malam,” tambahnya.

Sumardi menambahkan, kondisi ini harus menjadi perhatian masyarakat yang kerap membuka lahan dengan cara membakar. Pasalnya, dengan naiknya suhu udara akan berpotensi meningkatnya peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Yang terpenting  berhati-hati terhadap api saat membuka lahan. Begitu pun saat membuang puntung rokok harus dipastikan apinya telah mati. Apabila melakukan pembakaran misalnya sampah agar dijaga,” imbaunya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : jpg

Copy Editor :

Hati-hati! Fenomena Equinox Bisa Sebabkan Sun Stroke