alexametrics
Tak Terima, Rumah Terduga Pelaku Dibakar

Gegara Ayam Masuk Tanah Sengketa, Konflik Keluarga Berujung Penikaman

26 Maret 2019, 19:18:17 WIB

JawaPos.com – Seorang ibu dan anaknya menjadi korban penikaman di Kampung Tumbuseng, Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Selasa petang (26/3). Pelaku penikaman terhadap Mariani Daeng Taco, 33; dan anaknya Adrian, 17 merupakan maih satu keluarga. Yakni sepupu korban, Jumlallang.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 17.00 WITA. Tallasa Daeng Sunggu, ibu kandung Mariani mengatakan, aksi nekat yang dilakukan Jumallang itu dipicu persoalan sepele. “Itu anakku lagi cari ayam di halaman rumahnya Jumallang. Dia ambil kayu untuk usir itu ayam pulang kembali. Tapi tiba-tiba datang Jumallang bawa badik,” ujar Tallasa.

Jumallang sempat terlibat percekcokan sengit sebelum menusukkan badik ke tubuh korban. Mengetahui ibunya ditikam, Adrian berusaha untuk melerai. Namun Jumallang yang terlajur naik pitam, ikut menyasar Adrian. Badik itu juga ditusukkan ke Adrian.

Gegara Ayam Masuk Tanah Sengketa, Konflik Keluarga Berujung Penikaman
Mobil milik Jumlallang yang ikut ludes terbakar. (Sahrul Ramadan/ JawaPos.com)

Melihat kedua korban tersungkur, Jumallang langsung melarikan diri. Ibu Mariani tewas di tempat dengan luka tikam di bagian perut. Sedangkan Adrian ditikam dibagian dada. Hingga berita ini ditulis, Adrian masih mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit (RS) Wahidin Sudirohusodo.

Informasi lanjutan yang dihimpun JawaPos.com, kejadian ini dilatar belakangi konflik sengketa lahan yang telah berlangsung selama 7 tahun. Daeng Sunggu dan orang tua Jumallang yang bersaudara sama-sama mengklaim tanah peninggalan orang tua mereka. Mereka sama-sama merasa saling memiliki.

Tak mau saling mengalah, keduanya memperkarakan sengketa itu ke Pengadilan. “Tapi dia pikir orang tuanya (Jumallang) yang dikasih. Makanya sampai sekarang diproses di Pengadilan,” tambahnya.

Kejadian ini sempat berlanjut dengan aksi pembakaran rumah milik Jumallang. Isi perabotan rumah ludes dilalap api. Begitu juga dengan dua unit mobil dan satu motor yang terparkir di halaman rumah. Tak lama berselang polisi datang mengamankan lokasi setempat.

Sejauh ini polisi masih menyelidiki lebih lanjut untuk mengetahui kepastian terjadinya konflik ini. Termasuk mengejar terduga pelaku Jumallang.

“Sudah teridentifikasi (pelaku), setelah ini reda akan kami periksa saksi-saksi. Semoga pelaku segera tertangkap,” terang Kapolsek Tamalate Kompol Arif Amiruddin.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Sahrul Ramadan

Copy Editor :

Gegara Ayam Masuk Tanah Sengketa, Konflik Keluarga Berujung Penikaman