alexametrics

Besok Jalan Raya Gubeng Bisa Dipakai Separo Ruas

25 Desember 2018, 19:12:56 WIB

JawaPos.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama PT Nusakntara Konstruksi Engineering (NKE) terus berupaya memperbaiki Jalan Raya Gubeng. Setelah sinkhole tertutup hari Minggu (23/12), rencananya jalan tersebut bisa dipakai separo ruas, besok (26/12).

Saat ini tumpukan material yang terdiri dari pasir dan batu (sirtu) sudah rata. Ketinggiannya mencapai ketinggian 12 meter dihitung dari titik terdalam sinkhole. Proses selanjutnya adalah memasang U-ditch atau box culvert untuk saluran air.

Kepala Departemen Operasi PT NKE Hendri Noor mengatakan, butuh waktu dua hari lagi untuk pemasangan U-ditch. Sembari menunggu waktu, pihaknya akan mengerjakan pemasangan agregat base B dan A, hingga sore ini.

“Pemasangan agregat base A dan B itu pada badan jalan. Setelah itu, kami tunggu sampai kering dan padat. Karena saat ini tanahnya masih basah,” kata Hendri kepada JawaPos.com di lokasi sinkhole Surabaya, Selasa (25/12).

Besok Rabu (26/12), pihaknya akan membersihkan tanah yang sudah padat dan kering itu menggunakan kompresor. Kemudian melapisinya dengan lapis perekat berupa aspal cair atau prime coat.

“Nah, tunggu sampai 8 jam kemudian. Biar meresap (prime coat-nya). Setelah itu, barulah diaspal,” jelas Hendri.

Hendri menambahkan, jalan bisa dicoba sebagian. Kemungkinannya di sisi timur (depan BNI).

“Janjinya bu Risma tetap bisa dilewati. Tapi dibuka separo,”tambahnya.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Surabaya Muhamad Fikser mengatakan, pengaspalan akan dimulai malam ini. Pengaspalan jalan sesuai dengan instruksi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani.

“Malam ini pengaspalan. Ibu Risma minta malam ini pengaspalan. Besok (Rabu) jalan (Raya Gubeng) sudah dipakai dan (mulai) kembali normal,” kata Fikser.

Meskipun sudah bisa dipakai, Pemkot masih akan berkoordinasi dengan kepolisian terkait pembukaan jalan. Masih belum bisa dipastikan, kapan Jalan Raya Gubeng bisa dibuka untuk kendaraan.

“Kami tidak bisa serta merta (membuka jalan) tanpa berkoordinasi dengan kepolisian,” ujarnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : (HDR/JPC)



Close Ads
Besok Jalan Raya Gubeng Bisa Dipakai Separo Ruas