alexametrics

Antisipasi Kerawanan Laut, Polda Kepri Siapkan Pos Bergerak

25 Desember 2018, 12:30:07 WIB

JawaPos.com – Polda Kepulauan Riau (Kepri) mengantisipasi kerawanan laut selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2019. Seluruh kekuatan armada laut dikerahkan. Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kepri menurunkan 26 armada kapal tipe C1, C2, dan C3. ditambah dengan BKO Mabes Polri untuk menjangkau pengamanan hingga kawasan terluar Kepri.

Polda Kepri juga menyiagakan pos bergerak, selain pos pengamanan dan pelayanan yang sudah ada di berbagai wilayah. Pos bergerak akan dioptimalkan jika di satu lokasi perairan memerlukan penanganan yang tidak bisa ditangani petugas setempat.

Direktur Polairud Polda Kepri Kombes Pol Benyamin Sapta mengatakan, optimalisasi ini diharapkan bisa menekan bahkan meniadakan persoalan di wilayah laut selama 10 hari operasi dijalankan. “Semoga seperti tahun sebelumnya, tidak ada perkara selama pelaksanaan operasi lilin ini,” harap Benyamin di Batam, Selasa (25/12).

Sepanjang 2018, sudah ada 16 kasus kecelakaan laut yang ditangani Ditpolairud. Angka ini diharapkan terus mengalami penurunan seiring dengan peningkatan sinergitas antarstakeholder terkait.

Sebelumnya, Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto menyampaikan, 96 persen wilayah Kepri merupakan perairan atau laut. Ini membuat Polda Kepri memberikan fokus lebih.

Polda Kepri sudah memetakan zona laut untuk memberikan pengamanan. Dengan membuat zonasi, pengamanan yang dilakukan bisa lebih optimal dan tepat sasaran. Untuk wilayah-wilayah yang kerawanan lautnya relatif tinggi seperti di Kabupaten Natuna dan Anambas, Polda Kepri juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat, memberikan pemahaman dan berbagi informasi terkait kondisi perairan.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (bbi/JPC)


Close Ads
Antisipasi Kerawanan Laut, Polda Kepri Siapkan Pos Bergerak