alexametrics

PMI Solo Pastikan Stok Darah Aman

25 Desember 2017, 18:08:45 WIB

JawaPos.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Surakarta memastikan stok darah aman selama Natal dan Tahun Baru 2018. Jaminan pasokan darah juga didukung dengan adanya sejumlah komunitas yang siap melakukan donor darah sewaktu-waktu.

Sekretaris PMI Cabang Kota Surakarta Sumartono Hadinoto menjelaskan, stok darah mencapai 12 ribu kantong setiap bulannya. Jumlah tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan darah. Tidak hanya untuk Solo, kadang beberapa daerah juga mengambil darah ke PMI Cabang Kota Surakarta. “Kalau daerah lain yang membutuhkan dan kami punya, ya bisa ambil di tempat kami,” terang Sumartono kepada JawaPos.com, Senin (25/12).

Bahkan untuk golongan darah tertentu, jumlah pendonornya terlalu banyak. Salah satunya yakni golongan darah O. Sehingga PMI terpaksa melakukan penjadwalan ulang pendonor darah golongan O. “Kami harus merescedule ulang untuk golongan darah O. Karena sudah terlalu banyak,” kata Sumartono.

Banyaknya pasokan darah juga didukung banyaknya komunitas pendonor yang sudah menjalin kerja sama dengan PMI. Sehingga jika sewaktu-waktu membutuhkan darah atau pendonor darah minim, PMI bisa menghubungi sejumlah komunitas melalui sosial media.

“Kalau kami membutuhkan bisa langsung memanggil komunitas itu melalui media sosial dan pendonoran bisa dilakukan. Dan untuk stok darah sangat mencukupi,” ucapnya.

Editor : admin

Reporter : (apl/JPC)

PMI Solo Pastikan Stok Darah Aman