JawaPos Radar

Per Menit, 250 Kendaraan Masuk Malang

25/12/2017, 17:43 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Libur Natal
Padat: Kondisi arus lalu lintas di Kabupaten Malang. (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Destinasi wisata di wilayah Malang, Jawa Timur, banyak menjadi tujuan warga dalam menikmati libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018. Dampaknya, arus lalu lintas di Malang menjadi padat bahkan cenderung macet. Salah satunya di di kawasan Lawang, Kabupaten Malang. Baik arah menuju Malang atau sebaliknya, arus lalu lintas terpantau padat merayap.

Berdasarkan pantauan JawaPos.com di Poslantas Karanglo, Singosari, Kabupaten Malang, ada sekitar 250 kendaraan yang masuk ke wilayah Malang dari Surabaya setiap menitnya. Jenis kendaraan merata. Mulai dari roda dua, roda empat dan bus.

Sehingga dapat dikalkulasi, setiap jam ada 15 ribu kendaraan yang masuk ke Surabaya. Kendaraan didominasi plat luar kota. Mulai dari Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Madura, Jombang bahkan luar Jawa.

Libur Natal
Padat: Kondisi arus lalu lintas di Kabupaten Malang. (Tika Hapsari/JawaPos.com)

Kasat Lantas Polres Malang AKP Probandono Boby menjelaskan, angka rata-rata 15 ribu kendaraan yang masuk dari Surabaya setiap jamnya kemudian berpencar menuju kabupaten dan Kota Malang serta Kota Batu. "Lebih banyak ke Kota Batu untuk kendaraan dari arah Surabaya. Lebih dari separuh," kata Boby, saat ditemui di Pos Lantas Karanglo, Senin (25/12).

Kepadatan arus lalu lintas menuju Malang sudah terjadi sejak satu minggu sebelum Natal. Puncak kepadatan arus lalu lintas terjadi sebelum jam makan siang. "Kalau pas makan siang, (kepadatan lalu lintas) sudah agak surut. Baru kembali memuncak setelah makan siang dan malam usai makan malam," tandas Boby.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up