alexametrics

Aksi Buruh Besar-besaran Akan Digelar di Gedung Sate, Ini Alasannya

25 November 2021, 17:24:31 WIB

JawaPos.com – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengatakan, para buruh akan menggelar aksi besar-besaran pada akhir bukan ini atau 30 November 2021 mendatang. Nantinya, 100 ribu buruh akan mendatangi Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat menuntut kenaikan upah 4-5 persen.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, nantinya Jawa Barat akan menjadi sasaran aksi karena terdapat kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Ia juga telah meminta kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil terkait alasannya menggelar aksi di Gedung Sate.

“Karena ini kota industri terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara terutama di Bekasi. Kawasan industri Bekasi itu kawasan industri terbesar Asia Tenggara,” kata Presiden KSPI Said Iqbal salam konferensi pers secara virtual, Kamis (25/11).

Selain itu, Said Iqbal juga meminta Gubernur Ridwan Kamil tidak menggunakan Undang-undang Cipta Kerja sebagai dasar penetapan upah. Sebab PP Nomor 36 otomatis gugur karena undang-undang induknya sudah dinyatakan tidak memenuhi prosedur.

“Kepada Gubernur Jawa Barat jangan main-main, tetapkanlah UMK se-Jawa Barat tidak menggunakan omnibus law atau PP Nomor 36,” tuturnya.

Said Iqbal menambahkan, aksi yang akan digelar nanti juga menjadi pesan untuk kepala daerah lain. Para buruh ingin kepala daerah menaikkan upah minimum 4 sampai 5 persen.

“Seluruh bupati walikota seluruh Indonesia agar menetapkan upah minimum UMP untuk provinsi, UMK untuk kabupaten kota sebesar 4 sampai 5 persen,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads