alexametrics

Hunian Baru Bagi Warga Lombok Dibangun Secara Gotong Royong

25 Oktober 2018, 13:49:10 WIB

JawaPos.com- Proses recovery hunian masyarakat yang terdampak bencana gempa Lombok dan Bima di Nusa Tenggara Narat (NTB) terus dilakukan. Pembangunan dilakukan secara gotong royong dengan melibatkan masyarakat, relawan, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menteri PUPR Basuki Hadimudjono menjelaskan, pemulihan pasca bencana di Lombok dan Bima memang lebih cepat jika dibangun bersama-sama dengan masyarakat. Puing-puing material yang masih banyak berserekaan memang sedikit menyulitkan proses pembangunan hunian baru.

“Kalau kita bangun (sendiri) akan sangat lama. Sehingga kita bangun dengan gotong royong. Masyarakat dikasih bantuan untuk membangun sendiri rumah mereka, dengan begitu bisa lebih cepat,” kata Basuki saat kunjungan kerja di Batam pada Kamis (25/10).

Pada prosesnya, masyarakat yang membangun kembali rumah mereka,, harus sesuai dengan tipe yang telah disepakati. Yaitu rumah instan sederhana sehat (risa), rumah instan kayu (rika), dan rumah instan konvensional (riko).

Masyarakat akan dibimbing oleh relawan dari berbagai kementerian dan instansi lainnya untuk membangun kembali hunian yang rusak. Dari Kementerian PUPR sendiri ada 400 engineer muda yang telah tiga bulan berada di Lombok untuk mendampingi masyarakat.

“Mereka nanti mengarahkan bagaimana teknisnya, setelah dapat lokasi rumah yang diinginkan masyarakat,” tambah Basuki.

 

Editor : Dida Tenola

Reporter : (bbi/JPC)



Close Ads
Hunian Baru Bagi Warga Lombok Dibangun Secara Gotong Royong