alexametrics
Tewas di Dalam Lapas karena Bunuh Diri

Depresi Berat, Daeng Ampu Lilitkan Rantai Borgol Hingga Patah Leher

25 Oktober 2018, 16:01:15 WIB

JawaPos.com- Tim penyidik Satreskrim Polrestabes Makassar memastikan penyebab kematian Akbar Daeng Ampu di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1A Makassar karena bunuh diri.  Kesimpulan itu didapat setelah polisi melakukan olah TKP, memeriksa saksi, dan memvisum jenazah pelaku pembakaran sekeluraga itu.

“Kami menyimpulkan tidak ada tanda kekerasan ataupun perlawanan. Korban (Daeng Ampu) melilitkan rantai borgol di leher dan kemudian menekan dengan menggunakan kaki sehingga tulang leher bagian belakang patah,” terang Kasatreskrim Polrestabes Makassar Wirdhanto Hadicaksono, Kamis (25/10). 

Pihaknya berkesimpulan bahwa terpidana kasus pembakaran satu keluarga itu nekat mengakhiri hidupnya lantaran depresi berat. Salah satu penyebabnya karena dia ditempatkan ruang isolasi I1 blok tindak pidana korupsi (Tipikor). 

Penyidik sebelumnya telah melakukan pemeriksaan kepada sejumlah saksi. Mereka yang diperiksa antara lain istri Daeng Ampu, Tika, 32; sejumlah sipir Lapas;  teman Daeng Ampu; dan Irwan Lili, tersangka lain dalam kasus yang sama.

Irwan sendiri diketahui ditempatkan dalam satu ruang isolasi yang sama di ruang I1 blok Tipikor. Usai pemeriksaan seluruh saksi, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Lapas Makassar untuk menentukan seperti apa  langkah lanjutan kasus ini. Khusus untuk tersangka Irwan Lili, saat ini dikembalikan ke Lapas Makassar untuk melanjutkan masa hukuman.

“Jadi berdasarkan olah TKP, kami langsung melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi ini. Kemudian didapatkan bahwa korban mengalami tekanan psikis,” imbuh Wirdhanto

Editor : Dida Tenola

Reporter : (rul/JPC)



Close Ads
Depresi Berat, Daeng Ampu Lilitkan Rantai Borgol Hingga Patah Leher