JawaPos Radar

Ini Penyebab Bus Rombongan Siswa SMK PGRI 1 Karanganyar Masuk Jurang

25/09/2018, 17:18 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Bus Masuk Jurang
MASUK JURANG: Kondisi bus PO Suka Damai yang membawa rombongan siswa dan guru SMK PGRI 1 Karanganyar mengalami kerusakan. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Jajaran Satlantas Polres Magetan langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) bus rombongan siswa dan guru SMK PGRI 1 Karanganyar yang masuk jurang di kawasan Magetan, Jawa Timur, Selasa (25/9). Dari hasil pemeriksaan, diduga kejadian disebabkan karena sang sopir, PO Suka Damai bernomor polisi K 7745 AZ Agus Riyanto,41, kurang mengenal medan atau jalur yang dilalui. 

Kasatlantas Polres Magetan, AKP Himawan Setiawan menjelaskan, jalur yang dilalui oleh bus yang mengantarkan rombongan dengan tujuan kunjungan industri ke Madiun dan Bali itu terdapat turunan tajam dan berbelok.

"Dari hasil olah TKP, diduga si sopir tidak mengenal medan, kemudian dia terlalu mengambil jalur ke kanan. Sehingga, saat melakukan antisipasi sudah tidak mengambil jalur ke kanan lagi sehingga masuk jurang," urainya kepada JawaPos.com, Selasa (25/9). 

Himawan menambahkan, dari hasil olah TKP petugas juga mendapati adanya bekas rem di lokasi kejadian. Sehingga, bisa dipastikan masuknya bus ke jurang dengan kedalaman lebih kurang 10 meter disebabkan karena rem blong. "Ada bekas remnya, jadi sopir sudah berusaha menghentikan laju bus. Rem juga dalam kondisi baik artinya tidak blong," katanya. 

Sementara itu, mengenai kondisi bus sendiri Himawan mengatakan, kondisi bus dalam keadaan baik dan laik jalan. Tidak ditemukan adanya kerusakan baik pada bagian pengereman atau pun kerusakan teknis lainnya.

Dengan hasil ini bisa dipastikan, kejadian ini murni kelalaian manusianya. "Kalau dari pemeriksaan kondisi kendaraan semua bagus, bus juga buatan tahun muda. Semuanya dalam kondisi baik tidak ada kerusakan," tukasnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up