alexametrics

Partai Demokrat Prioritaskan Calon Petahana untuk Pilkada di Papua

25 Agustus 2020, 20:34:22 WIB

JawaPos.com – Partai Demokrat didorong mengusung calon petahana untuk sejumlah pada Pilkada 2020. Begitu juga untuk sejumlah daerah di Provinsi Papua.

Ilal Ferhard selaku kuasa hukum Yermias Bisai mengklaim kliennya masih pantas untuk bertarung di Pilkada Serentak 2020. Apalagi berstatus sebagai calon petahana.

“Klien kami merupakan figur kuat di Waropen dan punya pendukung yang sangat loyal. Pencalonan Yermias Bisai dalam Pilkada 2020 menjadi penentu kemenangan Partai Demokrat di Papua pada Pemilu 2024,” ujar Ilal di Jakarta dalam keterangan persnya Selasa (25/8).

Yermias Bisai saat ini masih menjabat sebagai bupati Waropen. Pada Maret lalu Yermias Bisai baru saja ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua dalam kasus dugaan gratifikasi. Disinyalir gratifikasi dengan total Rp 19 miliar itu diterima sejak 2010 lalu.

Menurut Ilal Ferhard, kasus hukum yang menjerat kliennya sarat kepentingan politik. “Ini yang menjadi tersangka hanya klien saya sebagai penerima. Pemberinya tidak ada,” ujar Ilal.

Sebelumnya, Sekretaris Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakuman menyatakan bahwa untuk Pilkada Kabupaten Waropen Partai Demokrat sudah menetapkan calon yang diusung. Hanya saja surat keputusan (SK) tersebut belum diserahkan kepada calon bersangkutan.

Adapun calon yang diusung adalah Yermias yang juga calon petahana di Waropen. Menurut Kamhar, status tersangka yang menjerat Yermias saat ini tak menghilangkan hak politiknya untuk maju pada kontestasi Pilkada.

Sementara itu, Plh Ketua Demokrat Papua Ricky Ham Pagawak mengatakan, pihaknya lebih mengutamakan calon petahana untuk diusung di Pilkada 2020. Adapun di Papua saat ini terdapat 11 kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada. Tetapi SK rekomendasi yang sudah diserahkan baru untuk empat daerah. Yakni, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Waropen dan Mamberamo Raya.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads