JawaPos Radar

UMKM Didorong Ikuti Startup Nations Summit 2018

25/08/2018, 19:25 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Wiwiek Widayati
Kepala Dinas Perdagangan Surabaya Wiwiek Widayati (kanan) saat peresmian gerai Eiger ke-19 di Jalan Dr. Ir. Soekarno, Surabaya. (Aryo Mahendro/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dan Global Entrepreneurship Network (GEN) menginisiasi seminar Startup Nations Summit 2018. Acara dijadwalkan berlangsung November mendatang. Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diharap turut berpartisipasi.

Kepala Dinas Perdagangan Surabaya Wiwiek Widayanti mengatakan, semua pelatihan, transfer ilmu, dan ide baru seputar dunia startup akan dipaparkan pada seminar. Namun pihak Pemkot Surabaya tidak akan berada pada posisi mentor.

"Kami bukan pada posisi mentor. Karena pihak GEN, pelaku startup, dan UMKM yang akan saling berbagi ilmu dan ide. Karenanya, kami meng-encourage para pelaku UMKM untuk terlibat pada seminar itu," kata Wiwiek ditemui JawaPos.com, Sabtu (25/8).

Menurutnya, UMKM juga tergolong jenis kewirausahaan startup. Kaitannya tentu dengan pergerakan perekonomian di Surabaya. Karenanya, Wiwik menilai perlu ada perubahan yang lebih maju.

"Jadi kami manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan pada seminar akbar Startup Nations Summit 2018. Karena mayoritas perekonomian masyarakat Surabaya juga digerakkan UMKM," tutur Wiwiek.

Selain pelaku UMKM, Wiwik juga mendorong para anak muda untuk ikut pada seminar akbar tersebut. Apalagi seminar memfasilitasi pertemuan pelaku startup dari sekitar 170 negara di Surabaya.

Harapannya, semua pelaku startup dan UMKM di Surabaya memanfaatkan sesi pelatihan hingga pertukaran ilmu dan ide bisnis yang akan diberikan pada seminar. "Makanya, saya sampaikan kepada anak muda yang punya ide atau ambisi di dunia usaha agar memanfaatkan momentum itu," ucap Wiwiek.

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up