Massa Pro Deklarasi Dibubarkan, Neno Warisman Tertahan di Bandara

25/08/2018, 20:26 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Polisi akhirnya membubarkan paksa massa yang menjemput Neno Warisman di Bandara SSK II Pekanbaru, Riau, pada Sabtu (25/8) petang. (Virda Elisya/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Jajaran Polresta Pekanbaru akhirnya membubarkan paksa massa yang menjemput kedatangan presidium gerakan #2019GantiPresiden, Neno Warisman di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau, Sabtu (25/8) petang.

"Berdasarkan peraturan undang-undang, unjuk rasa hanya diberikan waktu 50 menit. Juga sampai jam 6 sore. Ini sudah melebihi waktunya. Karena situasi tidak memungkinkan tolong bubar," kata Kabag Ops Polresta Pekanbaru, Kompol Kurnia.

Namun, massa menolak membubarkan diri. Mereka memilih untuk tetap bertahan di pintu gerbang keluar Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, hingga Neno dan rombongan bisa diizinkan keluar. "Tolong biarkan bunda (Neno Warisman) keluar," teriak massa. 

DITUTUP: Kapolresta Pekanbaru, Kombes Susanto berbincang dengan Neno melalui jendela mobil . Ia meminta agar Neno bisa mengambil arah memutar, karena jalan diblokir. (Virda Elisya/JawaPos.com)

Aksi dorong-dorongan antara pihak kepolisian dengan massa pro Neno Warisman pun tak terhindarkan. Polisi membuat barikade dan mendorong paksa massa agar bisa membubarkan diri.

"Terus maju. Bertahan. Jangan mundur. Bubar. Kalian bertanggungjawab," teriak Kapolresta Pekanbaru, Kombes Susanto kepada anggotanya.

Massa pun akhirnya dapat dibubarkan. Hingga kini tampak ratusan aparat kepolisian masih berjaga di sekitar bandara untuk mengantisipasi terjadinya kericuhan.

Sementara itu, Neno Warisman sampai sekarang masih tertahan di Bandara SSK II Pekanbaru. Polisi menilai jika Neno dibiarkan untuk keluar dari Bandara maka akan terjadi kericuhan lanjutan.

Menurut pesan singkat yang beredar di WhatsApp, Neno Warisman datang ke Pekanbaru bersama dengan Mursal Fadillah, Syamsul Balda, R Mardi Hardjono. 

Mereka berangkat dari bandara Halim Perdana Kusuma dengan menggunakan pesawat Batik ID 7065 sekitar pukul 13.25 WIB. Mereka sampai di Bandara SSK II Pekanbaru, sekitar pukul 15.00 WIB.

(ica/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi