Kereta dengan Fasilitas Karaoke Segera Meluncur

25/08/2018, 14:36 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
General Manager Marketing PT. KA Pariwisata Parevin Marhaenianto saat menggelar jumpa pers peluncuran Kereta Kelas Priority di Stasiun Tawang, Semarang, Sabtu (25/8). (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Penumpang Kereta Api (KA) Argo Muria relasi Tawang-Gambir dan sebaliknya, akan semakin dimanjakan dengan hadirnya layanan Kereta Kelas Priority. Rencananya, kereta meluncur perdana dari Semarang menuju Jakarta pada Senin (27/8) pukul 16.00 WIB.

General Manager Marketing PT KA Pariwisata Parevin Marhaenianto mengatakan, peluncuran layanan ini karena melihat tingkat okupansi KA Argo Muria yang cukup bagus. Perusahaan ingin memberikan variasi pelayanan.

Hadirnya KA Kelas Priority diyakini tak akan berdampak pada layanan reguler. "Saya yakin karena kami punya segmen yang berbeda-beda. Kelas Priority itu target untuk kelas menengah ke atas dengan tarif lumayan beda dengan eksekutif reguler," kata Parevin saat menggelar jumpa pers peluncuran Kereta Kelas Priority di Stasiun Tawang, Semarang, Sabtu (25/8).

ILUSTRASI: Kereta Api. (Dok. JawaPos.com)

Adapun fasilitas mewah yang dimaksud antara lain LCD TV layar sentuh pada tiap kursi untuk menikmati ragam pilihan hiburan audio dan video. Lalu ada kursi ergonomis lengkap dengan power socket dan meja portable.

Fasiltas lain yang terdapat di KA Kelas Priority meliputi karaoke system, mini bar, ruang bagasi dan toilet sekelas hotel berbintang. "Fasilitas makan minum, teh, juga kopi, penumpang bebas ngambil sepuas-puasnya selama perjalanan," sambung Parevin.

Deretan fasilitas berkelas itu bisa dinikmati penumpang dengan membeli tiket promo seharga Rp 480 ribu pada weekdays dan Rp 700 ribu saat weekend. Tersedia untuk 28 penumpang di satu gerbong KA Argo Muria saja. "Harapan kami okupansinya 80 persen. Berarti sekitar 20 orang penumpang sekali jalan," tandasnya.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang Suprapto menambahkan, tren penumpang KA relasi Semarang-Jakarta terus menunjukan peningkatan yang cukup positif. Pada 2017 lalu, ada sebanyak 755.701 orang menggunakan layanan KA relasi Semarang-Jakarta. Atau naik 12 persen dibandingkan 2016 yang mencapai 674.021 penumpang.

Selain Argo Muria, ada tiga KA lain yang melayani rute Semarang-Jakarta. Yakni, KA Sindoro, KA Menoreh, dan KA Tawang Jaya. "Semoga dengan peningkatan layanan di transportasi kereta api ini dapat meningkatkan jumlah pengunjung wisatawan ke wilayah Jawa Tengah. Khususnya ke tempat wisata di koridor Jawa bagian Pantura seperti Pekalongan dan Semarang," harap Suprapto.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi