JawaPos Radar

90 Ribu Warga Kabupaten Malang Belum Punya Pekerjaan Tetap

25/08/2018, 11:22 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Rendra Kresna
TINJAU: Bupati Malang Rendra Kresna bersama Kadisnaker Kabupaten Malang Yoyok Wardoyo saat meninjau JMF. (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Tingkat pengangguran di Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim), terbilang masih tinggi. Setidaknya ada 90 ribu warga Kabupaten Malang yang belum memiliki pekerjaan tetap. Jumlah itu sekitar 4 persen dari total penduduk Kabupaten Malang yang mencapai 3 juta jiwa.

Bupati Malang Rendra Kresna menyatakan, angka pengangguran berbanding lurus dengan rasio jumlah penduduk di Kabupaten Malang. "Karena penduduknya besar, secara otomatis jumlah pencari kerjanya juga besar," kata Rendra saat meninjau Job Market Fair (JMF) Dinas Tenaga Kerja yang digelar sejak Jumat (24/8) hingga Sabtu (25/8).

Para pencari kerja harus mulai mengubah paradigma tentang lapangan pekerjaan. Pasalnya, perusahaan sekarang tidak lagi mencari tenaga kerja yang punya segudang sertifikat dan ijazah saja. "Mereka butuh orang-orang yang terampil dan memiliki kreatifitas serta etos kerja yang tinggi," imbuh Rendra.

Sinergi dengan perusahaan dari berbagai sektor industri turut dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang guna membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat. "Salah satunya melalui kegiatan job fair ini. Perusahaan bisa melihat secara langsung bagaimana rupa dan kemampuan yang dimiliki pencari kerja," tandasnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang Yoyok Wardoyo menambahkan, sebanyak 72 perusahaan berpatisipasi pada Job Market Fair di Stadion Kanjuruhan. Setidaknya ada 3 ribu lowongan kerja yang ditawarkan. "Beberapa industri kami ajak bekerja sama, disamping kami libatkan juga jajaran TNI dan Polri," jelas Yoyok.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up