alexametrics

Ingin Beli Gadget Canggih, Jon Kuras Harta Tetangga

25 Agustus 2015, 20:10:00 WIB

JawaPos.com–Triman Jonatan alias Jon (19) warga Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah tergiur melihat rekannya menggunakan telepon seluler canggih. Namun, ia tak punya uang untuk membeli gadget mewah tersebut. Pria pengangguran itu pun kemudian nekat melakukan pencurian. 

Dia mencuri barang berharga milik tetangganya sendiri, Rudiannnor (19), seorang mahasiwa di salah satu perguruan tinggi di Palangka Raya. Akibat perbuatan itu, lulusan SMK swasta ini ditangkap dan kini meringkuk dalam sel tahanan Polsek Pahandut. 

Dari kejahatannya, polisi mengamankan barang bukti tiga lembar baju, satu gitar akustik, helm, sepatu, laptop, sound system, tas, dan uang tunai sebesar Rp 268 ribu. Jon beraksi di tiga lokasi dengan cara mencongkel pintu dapur dengan menggunakan pisau.

“Iya, pelaku ditangkap setelah beraksi di kediaman korban dan diamankan di barak teman pelaku di Jalan G Obos bersama barang bukti,” ungkap Kapolsek Pahandut Kompol Mulkaifin melalui Kanit Reskrim Ipda Jaka Waluya, seperti dilaporkan Radar Sampit, Selasa (25/8).

Jaka menjelaskan korban dan pelaku tinggal bersebelahan. Korban melihat helmnya dipakai oleh Jon, sehingga ia pun melapor ke polisi. Petugas kemudian melakukan penyelidikan sehingga Jon pun ditangkap. 

“Pelaku beraksi di tiga lokasi, dua milik korban Rudi, satu korban lain yang kini belum melapor,” ujar Jaka. Dari hasil kejahatannya, tersangka menjual barang milik korban dan kemudian membelikannya sebuah ponsel merk Asus dan sisanya digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Pelaku masuk dengan cara merusak pintu dapur dan ventilasi kamar mandi. Saat kejadian , rumah dalam keadaan kosong,” pungkas Jaka. Pengakuan Jon, ia mencuri karena ingin memiliki ponsel canggih dan barang curiannya dia jual kepada orang lain yang tidak dikenal.

Ia sudah melakukan pencurian di tiga lokasi, salah satu milik tetangganya yakni satu kamera DLSR. “Buat beli hape dan kebutuhan hidup, karena tidak berkerja,” katanya.(daq/vin/jpg)

Editor : Ronald


Close Ads
Ingin Beli Gadget Canggih, Jon Kuras Harta Tetangga