JawaPos Radar

Berkat Laporan Aisyah, 3 Sindikat Penipuan Online Dibekuk

25/07/2018, 17:02 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Berkat Laporan Aisyah, 3 Sindikat Penipuan Online Dibekuk
Ilustrasi (Dok JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Timsus Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) membongkar sindikat pelaku penipuan online di Kota Makassar. Mereka adalah Andika Dini Putra, 23, warga Kabupaten Wajo, serta dua warga Kabupaten Pinrang, Aldi Renaldi, 17, dan Jailani, 21.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani menjelaskan, para pelaku ditangkap karena diduga melancarkan penipuan melalui media sosial. Para pelaku, berperan seolah-olah menjual telepon seluler dengan harga miring untuk menjerat calon pembeli sebagai korban.

"Penangkapan berdasarkan laporan pengaduan perempuan bernama Aisyah, yang mengalami kerugian sebesar Rp 5,8 juta," ujar Dicky di Makassar, Rabu (25/7)

Tiga pelaku dibekuk di sebuah rumah di kawasan BTN Hamzi, kecamatan Tamalanrea, Jalan Perintis Kemerdekan Senin (23/7) lalu. Bersama pelaku, penyidik Polda Sulsel menyita sejumlah barang bukti, berupa lima unit telepon seluler berbagai merk.

Berdasarkan pengakuan pelaku, kata Dicky dalam aksi penipuan dilancarkan melalui aplikasi pesan instan BBM. Pelaku menggunakan akun BBM orang lain yang didapatkan melalui sebuah blog internet bertajuk Fresh BBM Account. Blog itu menyediakan alamat email untuk login BBM dilengkapi kata sandi.

"Pelaku menyamar sebagai pemilik akun dan menawarkan HP dengan harga murah ke kontak yg ada di BBM. Dengan harapan ada yang tertipu dan melakukan transaksi uang jual beli via transfer. Setelah mendapatkan korban para pelaku logout dari BBM," jelas Dicky.

Hingga saat ini, ketiga pelaku masih ditahan di Mapolda Sulsel untuk menjalani pemeriksaan lanjutan. Penyidik sejauh ini juga sementara mencari tahu dan mendalami kemungkinan adanya korban lain.

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up