alexametrics

Ada 110 ASN Jateng Disanksi akibat Tak Netral Pilkada 2020

25 Juni 2021, 15:42:41 WIB

JawaPos.com–Sebanyak 110 orang aparatur sipil negara (ASN) di Provinsi Jawa Tengah mendapat sanksi. Sebab, mereka terbukti melakukan pelanggaran terkait dengan netralitas pada pelaksanaan Pilkada 2020.

”Sanksi untuk ASN tak netral tersebut berasal dari rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang sudah ditindaklanjuti pejabat pembina kepegawaian (PPK),” kata Ketua Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Tengah Fajar Saka seperti dilansir dari Antara saat menjadi pembicara dalam diskusi terarah Pelaksanaan Netralitas ASN dalam Pilkada 2020 di Jawa Tengah yang digelar secara daring oleh Kementerian PAN-RB, Jumat (25/6).

Sebelumnya, Bawaslu Provinsi Jateng mengeluarkan rekomendasi sanksi berdasar penanganan pelanggaran kepada KASN.

Fajar memerinci, sanksi yang dijatuhkan ke ASN terdiri atas 67 ASN dijatuhi sanksi moral berupa pernyataan secara terbuka sesuai dengan PP Nomor 42 Tahun 2004, sebanyak 41 ASN dijatuhi hukuman disiplin sedang, seorang ASN dijatuhi hukuman disiplin ringan, dan seorang ASN dijatuhi sanksi moral berupa pernyataan secara tertutup.

”Kendati demikian, data di Bawaslu Provinsi Jateng tercatat masih ada 13 ASN yang direkomendasi KASN tetapi PPK belum menindaklanjutinya,” terang Fajar.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: